Bank BRI Agroniaga: Sejarah Singkat, Fitur, dan Keunggulannya

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu bank yang tertua di Indonesia. Pada Desember 2021 nanti, BRI akan genap berusia 126 tahun. Dengan sepak terjang sepanjang itu, tak heran jika BRI pun mempunyai banyak anak usaha untuk mendukung bisnisnya.

Salah satunya adalah Bank BRI Agroniaga Seperti induk usahanya yang terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman, BRI Agro pun beberapa waktu lalu mengumumkan akan melakukan transformasi menjadi bank digital.

Sejarah Bank BRI Agroniaga

Sebelum menjadi Bank BRI Agroniaga, bank ini memiliki nama Bank Agro yang didirikan Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) pada 27 September 1989. Bank Agro pun memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan pertumbuhan sektor agribisnis di Indonesia.

Bank AGRO mendapat izin dari Menteri Keuangan pada 11 Desember 1989 dan resmi beroperasi secara komersial pada 8 Februari 1990. Bank Agro menjadi perusahaan publik pada tahun 2003, sehingga namanya turut berubah menjadi PT Bank Agroniaga Tbk. Tentunya, instansi perbankan ini juga mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Surabaya.

profil briagroniaga dan fitur produknya

sumber : Instagram.com/Briagro.id

Saham PT Bank Agroniaga Tbk baru tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 2007. Empat tahun kemudian, tepatnya  pada 3 Maret 2011, Bank BRI mengakuisisi Bank AGRO dan secara resmi menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Agroniaga Tbk. Puncaknya di tahun 2012, saat ulang tahun Bank AGRO ke-23, Bank AGRO mengubah namanya menjadi BRI Agroniaga.

Produk, Fitur, dan Layanan Unggulan dari Bank BRI Agroniaga

BRI Agroniaga mempunyai berbagai produk perbankan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas keuangan masyarakat. Produk turunannya pun sangat beragam dan spesifik sehingga nasabah dapat lebih mudah memilih mana yang paling cocok untuk keperluannya.

Simpanan

BRI Agroniaga menawarkan beberapa fasilitas penyimpanan dana kepada nasabahnya, baik berupa tabungan hingga investasi dalam bentuk deposito. Berikut adalah produk simpanan dan turunannya dari BRI Agroniaga. 

  • Tabungan
    1. Tabungan Agrotama
    2. Tabungan Infiniti
    3. Tabungan Multima
    4. Tabungan Ayo Bergoyang
    5. Tabungan Simpel
    6. Tabunganku
    7. Tabungan Berhadiah
  • Giro
  • Deposito

Pinjaman Bank 

Salah satu keunggulan BRI Agroniaga dibandingkan mayoritas bank lainnya adalah fasilitas pinjaman dana yang diberikan. Di samping kartu kredit, BRI Agroniaga menyediakan lebih dari 10 jenis pinjaman lainnya.

  • Kartu Kredit
  • Program Pinang
  • Pinjaman Lainnya
    1. Kredit Modal Kerja (Korporasi)
    2. Kredit UKM (KUR)
    3. KPR Kesejahteraan FLPP
    4. Kredit Investasi
    5. Kredit Vendor Financing
    6. Kredit Agro Mobil
    7. Kredit Multiguna
    8. Kredit Plasma Perkebunan
    9. Kredit Karyawan Tetap
    10. Kredit Pensiunan
    11. Kredit Santunan Hari Tua

BRI Agro Trade Finance and Service

Bagi nasabah yang membutuhkan pinjaman, dokumen, dan layanan penunjang lainnya untuk keperluan domestik maupun mancanegara, BRI Agroniaga menghadirkan beberapa fasilitas berikut.

  • Impor&Ekspor
  • Money Changer
  • SKBDN
  • STANDBY/LC

Layanan Perbankan

Untuk beberapa keperluan layanan perbankan lainnya, BRI Agroniaga menyediakan beberapa produk bisnis seperti berikut.

  • Jasa Bisnis
  • Jasa Keuangan
  • Jasa Kelembagaan
  • Jasa Treasury
  • Transfer & LLG
  • CMS

E-Banking Service

Dalam rangka mendukung kenyamanan dan kemudahan nasabah untuk dapat bertransaksi lebih fleksibel di mana saja dan kapan saja, BRI Agroniaga turut memberikan beberapa fasilitas perbankan elektronik berikut.

  • ATM BRI Agro.
  • Mobile Banking.
  • Agro Mobile.
  • Mobil Layanan Keliling

BRIZZI

Produk ini merupakan e-money yang dapat digunakan untuk pembayaran berbagai barang maupun jasa, seperti tol, belanja di minimarket maupun supermarket, restoran, dan lain-lain.

Bank BRI Agroniaga Akan Beralih Menjadi Bank Digital

Beberapa waktu lalu, Bank BRI Agro mengumumkan akan beralih menjadi layanan bank digital. Bank BRI Agro sendiri nantinya akan berfokus memberikan kredit secara digital dan menyasar para pelaku gig ekonomi. Adapun jumlah pelaku gig ekonomi saat ini mencapai 46 juta orang, meningkat 27% dibandingkan dengan tahun lalu.

Hingga saat ini BRI Agro masih melakukan konsolidasi dan mempersiapkan SDM menuju bank digital. Bank BRI Agro akan mempersiapkan aplikasi yang akan memberikan kemudahan kepada para nasabahnya. Terkait aplikasi tersebut pun, sampai sekarang masih menunggu pula persetujuan dari OJK.

Keunggulan Bank BRI Agroniaga

Berlimpahnya produk dan fitur yang ditawarkan menjadi salah satu keunggulan BRI Agroniaga. Namun, selain itu, masih ada lagi beberapa keunggulan lain BRI Agroniaga, seperti:

  1. transaksi dapat dilakukan di seluruh unit kerja Bank BRI Agro, jaringan ATM Bank BRI, dan jaringan ATM BRI Agro;
  2. mempunyai suku bunga sangat kompetitif;
  3. menawarkan biaya admin cukup rendah; dan
  4. transfer ke seluruh jaringan bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Cara Daftar Bank BRI Agroniaga

Bank BRI Agro masih termasuk bank konvensional dan diperkirakan baru menjadi bank digital akhir tahun ini. Maka dari itu, calon nasabah masih diharuskan untuk datang langsung ke kantor cabang Bank BRI Agro untuk membuka rekening Bank BRI AGRO.

Seperti pada umumnya mendaftar menjadi nasabah konvensional, nasabah masih diharuskan untuk mengisi form aplikasi pembukaan rekening. Dokumen yang diperlukan pun tidak banyak, yakni KTP/SIM/paspor dan NPWP. Adapun besarnya  setoran awal pembukaan rekening  minimum adalah Rp100.000,00.

Proses pendaftaran nasabah dan pembukaan rekening di BRI Agroniaga, yakni hanya dalam hitungan menit saja. Setelah rekening aktif, kamu pun bisa melakukan berbagai transaksi keuangan seperti transfer uang.

aplikasi flip transfer antar bank tanpa biaya admin

Bicara soal transfer,  kalau kamu ingin transfer ke Bank BRI Agroniaga dari bank lain, maka masukan kode banknya terlebih dahulu yaitu 494. Setelah itu barulah masukan nomor rekening Bank Agro tujuan dan masukan nominal uang yang akan dikirim sesuai instruksi dari ATM, e-banking, atau mobile banking yang kamu gunakan.

Tentunya, pengiriman beda bank tersebut akan dikenai biaya admin yang secara otomatis dipotong dari saldo di rekening. Jika ingin tidak harus membayar biaya admin tersebut, kamu bisa menggunakan Flip. Aplikasi transfer uang ini membebaskanmu dari biaya admin saat mengirim uang ke bank yang berbeda.

Flip sudah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia sehingga seluruh transaksinya dijamin aman. Kini, jumlah penggunanya pun telah mencapai lebih dari 6 juta orang. Yuk, jadi bagian dari Flip untuk transaksi beda bank dengan biaya lebih adil!

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi