Bank Jago: Profil, Keunggulan, Produk, dan Fiturnya

Jumlah bank digital Indonesia semakin banyak. Di tahun 2021 ini, sudah ada sedikitnya tiga bank digital yang resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan beroperasi. Salah satunya adalah Bank Jago yang diluncurkan pada April 2021 lalu dan telah mencuri banyak perhatian.

Profil dan Sejarah Bank Jago

Bank Jago merupakan bank yang telah menerapkan konsep digital banking seutuhnya. Namun, badan usaha keuangan ini mempunyai perjalanan sangat panjang. Kehadirannya di Indonesia sendiri telah ada sejak nyaris tiga dekade lalu.

Bank Jago adalah transformasi dari bank swasta bernama Bank (PT Bank Artos Indonesia) yang berdiri pada 1992 silam. Selayaknya bank konvensional lainnya, Bank Artos menawarkan produk simpanan dan pinjaman dan berbagai transaksi perbankan lainnya.

Instansi yang bermarkas di Bandung itu pun terus berkembang. Pada 2016, PT Bank Artos Indonesia resmi menjadi perusahaan publik (PT Bank Artos Indonesia Tbk) setelah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode emiten ARTO.

profil bank jago

sumber : https://www.jago.com

Tiga tahun kemudian, PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dan Wealth Track Technology LImited (WTT) mengakuisisi saham PT Bank Artos Indonesia Tbk masing-masing sebesar 37,65% dan 13,35%. 

Proses akuisisi saham Bank Artos tersebut diikuti dengan perubahan nama menjadi Bank jago. Tak berhenti di situ, pada akhir 2020, Gojek turut menjadi investor dengan kepemilikan saham Bank Jago sebesar 22,16% melalui PT Dompet Karya Anak Bangsa (GoPay).

Investor pun terus berdatangan. GIC Private Limited turut menanamkan modal ke Bank Jago di kuartal pertama 2021. Sebulan berikutnya, yakni di bulan April, Bank Jago pun meluncurkan Jago sebagai aplikasi finansial yang bersifat life-centric.

Keunggulan Bank Jago

Tiap digital bank berlomba-lomba menghadirkan berbagai layanan yang unggul untuk mendukung bermacam-macam transaksi keuangan nasabahnya di masa sekarang. Adapun beberapa keunggulan Bank Jago dibandingkan beberapa bank digital lainnya adalah sebagai berikut.

Pembukaan Rekening Online

Beberapa bank serupa masih mengharuskan calon nasabahnya untuk hadir secara onsite guna keperluan pembukaan rekening. Namun, Bank Jago memfasilitasi video call untuk keperluan administrasi dan verifikasi.

Dengan begitu, kamu benar-benar dapat membuka rekening Bank Jago di mana pun dan kapan pun. Adapun proses pembukaan rekening dapat selesai dalam kurun waktu sekitar 1 jam saja sejak proses verifikasi tersebut.

Bunga Tabungan Lebih Tinggi

Bank Jago menawarkan bunga tabungan 3,5% hingga 4% per tahun. Angka ini tentu jauh di atas bunga yang ditawarkan mayoritas bank lainnya, baik konvensional maupun digital. Untuk mendapatkannya, kamu hanya perlu mengendapkan uang di Kantong Nabung.

Tenang saja, batas waktu kamu harus mengendapkan dana tersebut tidak lama, yakni hanya 14 hari. Aturan ini tentu lebih menarik dari deposito yang bunganya hanya sekitar 3% per tahun dengan masa deposit minimal 1 bulan.

Budgeting Lebih Mudah

Kamu yang kerap memerlukan banyak rekening untuk membagi-bagi dana, kini dapat tersolusikan hanya lewat satu aplikasi Jago. Selain lebih simpel, kamu jadi lebih irit pula karena mengurangi biaya administrasi bulanan di banyak bank.

Kamu pun dapat membagi-bagi kantong yang tersedia untuk berbagai keperluan. Di Kantong Nabung misalnya, kamu dapat membuat banyak kantong untuk tujuan yang berbeda-beda, seperti tabungan menikah, tabungan dana darurat, dan lain-lain.

Produk dan Fitur Bank Jago

Kegiatan perbankan Bank Jago kini dapat diakses melalui aplikasi Jago yang dibuat oleh inovator andal dan berpengalaman dalam digital banking. Adapun berbagai produk dan fitur unggulan dari bank berbasis teknologi ini adalah sebagai berikut.

Kantong

Jago menggunakan istilah ini untuk menggantikan kata rekening. Menariknya, kamu dapat membagi Kantong ke beberapa jenis untuk berbagai keperluan baik penyimpanan maupun pengeluaran seperti berikut.

  • Kantong Nabung

Seperti namanya, subfitur ini dimaksudkan untuk membantumu menabung sehingga dapat mencapai target finansial yang kamu harapkan. Kamu pun dapat memberi nama Kantong Nabung sesuai goal, seperti Tabungan S2, DP Rumah, dan sebagainya.

  • Kantong Bayar

Kamu bisa menggunakan Kantong Bayar untuk menjatah pengeluaran tiap bulan sehingga tidak mengganggu tabungan. Kalau ingin lebih spesifik, kamu bisa membuat beberapa Kantong Bayar dengan nama berbeda seperti Belanja Bulanan, Uang Kos, dan sebagainya.

  • Kantong Bersama

Punya tujuan finansial bersama dengan orang lain? Subfitur Kantong Bersama bisa jadi tool yang kamu butuhkan. Kamu bisa menggunakannya bersama dengan pasangan, keluarga, atu sahabat dan teman.

Kartu Debit Visa

Digital bank ini menghadirkan Kartu Debit Jago Visa untuk berbagai pembayaran online maupun transaksi di mesin ATM dan EDC berlogo ATM Bersama, Alto, dan Visa. Asyiknya lagi, kamu bisa mempunyai lebih dari satu kartu debit visa, lho! 

Tagih Uang

Kalau kamu suka melakukan transaksi bersama keluarga atau teman dengan cara split bill, fitur yang satu ini pasti makin membantu. Kini, kamu dapat mengingatkan mereka untuk membayar biaya tersebut melalui Tagih Uang berikut catatan jumlah yang harus dilunasi.

aplikasi flip transfer antar bank tanpa biaya admin

Kirim & Bayar

Fitur ini disajikan untuk memenuhi bermacam-macam kebutuhan pembayaranmu. Kamu bisa membayar tagihan seperti kartu kredit, listrik, asuransi, dan lain-lain, isi ulang e-wallet favorit, dan tentunya, transfer antarbank.

Tak ketinggalan, untuk berbagai keperluan transaksi yang melibatkan bank berbeda, kamu bisa lebih hemat menggunakan Flip. Hal ini berlaku untuk transfer dari kantong Jago ke rekening bank lain maupun dari bank lain ke Bank Jago.

Untuk pengiriman uang ke Bank Jago, kamu cukup memilih bank yang menjadi sumber dana dan masukkan nomor rekening bank jago tanpa harus memasukkan kode Bank Jago (542). Sistem secara otomatis akan melakukan verifikasi sehingga kamu tak perlu takut salah kirim.

Nantinya, kamu akan diminta mengirim dengan nominal sesuai yang tertera di halaman konfirmasi. Pastikan kamu mengirim nominal yang sama hingga tiga digit terakhir (kode unik) tersebut. 

Tenang saja, tiga digit tersebut nantinya akan menjadi saldomu. Begitu mencapai Rp10.000, kamu dapat mentransfernya ke rekeningmu sendiri atau membelanjakannya menjadi berbagai produk digital di Flip seperti pulsa, paket data, maupun token listrik. Asyik, kan?

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi