Begini Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online (Mudah, Pasti Berhasil)

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK begitu penting bagi para pekerja maupun pegawai perusahaan tertentu. Bahkan saat ini mendaftar BPJSTK juga sangat mudah dan dapat dilakukan secara online. BPJS Ketenagakerjaan online sangat menguntungkan dari segi efisiensi waktu.

Kehadiran BPJS ini dapat dijadikan sebagai jaminan perlindungan ketika pekerja memasuki masa pensiun maupun hal lain yang tidak diinginkan. Khususnya terkait musibah yang dialami pekerja ketika sedang menunaikan pekerjaannya.

Apa yang Dimaksud BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan secara resmi diadakan pada tahun 2019 dengan nama BPJAMSOSTEK. BPJSTK merupakan sejenis badan hukum yang memiliki tugas guna memberikan perlindungan terhadap seluruh pekerja lewat 4 macam program penjaminan sosial khusus ketenagakerjaan. 

Badan hukum ini bertanggung jawab langsung kepada pemerintah demi bisa mengatasi resiko sosial ekonomi yang disebabkan karena pekerjaan tersebut. Setiap pekerja disarankan untuk mengikuti BPJSTK. Hal ini karena pekerja bisa mendapatkan manfaat luar biasa. 

Selain bisa memberikan jaminan kepada pekerja dari resiko kecelakaan kerja, BPJSTK juga mempunyai manfaat lainnya. Rupanya badan hukum ini mampu memberikan jaminan santunan terhadap ahli waris apabila pekerja meninggal  dunia.

Biasanya santunan ini berupa sejumlah bantuan biaya pendidikan bagi pekerja yang meninggal dunia tersebut dalam kondisi sudah memiliki anak. Selain itu, BPJSTK juga memberikan jaminan untuk  hari tua. Jadi, setelah pekerja tersebut sudah tidak produktif lagi maka bisa melakukan  klaim BPJSTK.

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Mendaftarkan diri sebagai anggota dari BPJS Ketenagakerjaan online sangat mudah dilakukan. Bahkan dapat dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan. Hanya beberapa menit saja, maka pekerja bisa langsung terdaftar di BPJSTK.

1. Kunjungi situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Lebih dianjurkan untuk menggunakan perangkat komputer dalam melakukan pendaftaran. Situs resmi dari BPJSTK ialah www.bpjsketenagakerjaan.go.id
2. Setelah masuk ke halaman beranda situs resmi BPJSTK, maka berikutnya dapat langsung memilih opsi Daftarkan Saya. 
3. Setelah mengetuk opsi tersebut, berikutnya akan muncul tentang tiga macam pilihan pendaftar yaitu perusahaan, individu maupun pekerja imigran.
4. Apabila pendaftar berasal dari perusahaan, maka bisa langsung memilih opsi Perusahaan. 
5. Jika pendaftar berasal dari kalangan perorangan, maka dapat memilih opsi  Individu. 
6. Khususnya pendaftar yang memilih opsi Perusahaan, maka diharapkan bisa mengisi alamat email dari perusahaan tersebut maupun email perwakilan. 
7. Tunggu hingga ada notifikasi email pemberitahuan yang masuk. 
8. Ikuti langkah-langkah berikutnya yang ada dalam kotak masuk email tersebut.
9. Apabila keseluruhan langkah sudah dilakukan dengan baik dan lengkap, maka langsung saja bawa seluruh persyaratan yang sudah dilampirkan via online tersebut ke BPJSTK terdekat. 
10. Nantinya petugas administrasi akan meminta iuran pertama dengan besaran jumlah iuran yang sudah dihitung dan ditetapkan sebelumnya. 

Persyaratan Pendaftaran BPJSTK

Proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan online akan berlangsung dengan baik apabila telah memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan pendaftaran BPJSTK perlu dicermati dengan baik, karena ada perbedaan antara persyaratan bagi pendaftar individu dan pendaftar perusahaan.

Persyaratan Pendaftaran Bagi Perusahaan

Biasanya pekerja yang terkoneksi dengan hubungan kerja perusahaan akan didaftarkan secara langsung oleh HRD terkait. Agar dapat mendaftarkan pekerja sebagai peserta dari BPJSTK, maka perusahaan perlu menyiapkan beberapa persyaratan berikut.

  • Bentuk asli atau salinan dari SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
  • Bentuk asli maupun salinan dari NPWP perusahaan.
  • Bentuk asli maupun salinan dari KTP pekerja bersangkutan.
  • Salinan KK.
  • Pas foto terbaru 1 lembar dengan ukuran 2 x 3 lembar berwarna.

Persyaratan Pendaftaran Bagi Individu

Persyaratan pendaftar dari golongan individu yang ingin menjadi anggota BPJSTK juga tidak ribet. Dalam hal ini, status pekerja lepas perlu memiliki wadah tersendiri untuk bisa mendaftarkan diri sebagai anggota BPJSTK. Kemudian, lengkapi persyaratan berikut untuk melakukan pendaftaran.

  • Surat izin usaha yang bisa diperoleh dari kelurahan setempat.
  • Salinan KTP dari tiap-tiap pekerja.
  • Salinan KK dari masing-masing pekerja.
  • Pas foto dengan ukuran 2 x 3 terbaru dan berwarna sebanyak 1 lembar.

Langkah-Langkah Mengecek BPJS Ketenagakerjaan

Setelah melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan online, maka berikutnya pekerja sudah bisa menjadi anggota badan hukum tersebut. Setelah resmi menjadi anggota, tentu peserta memerlukan beberapa info terkait cek tagihan bulanan, pengecekan saldo, hingga klaimnya secara mudah. 

Mengecek Tagihan Bulanan BPJSTK

Untuk dapat mengecek berapa besaran biaya debit BPJSTK, maka hal tersebut dapat dilakukan dengan melalui aplikasi maupun situs resminya. Baik menggunakan aplikasi maupun situs resmi, keduanya sama-sama mudah dilakukan.

Cek Debit / Tagihan Menggunakan Aplikasi

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU lewat Google Playstore untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iPhone.
  • Jika belum memiliki akun, maka lakukan registrasi terlebih dahulu dengan klik opsi Sign Up dan cobalah masukkan data diri. Jangan lupa masukkan alamat email aktif agar dapat menerima kode verifikasi.
  • Apabila sudah memperoleh kode verifikasi, tinggal masukkan saja PIN yang dibutuhkan.
  • Kemudian lengkapi data diri yang diminta seperti nama, nomor handphone, tanggal lahir, nomor data diri hingga nomor peserta BPJSTK.
  • Nantinya akan ada SMS masuk berisi kode verifikasi yang bisa diisikan ke aplikasi.
  • Barulah pengecekan debit dapat dilakukan lewat aplikasi tersebut.

Cek Debit / Tagihan Melalui Situs Resmi

  • Kunjungi halaman resmi BPJS Ketenagakerjaan dengan alamat www.bpjsketenagakerjaan.go.id.  
  • Setelah masuk ke halaman beranda, berikutnya dapat langsung klik bagian Layanan Peserta. 
  • Pilih opsi BPJSTKU.
  • Lakukan log in dengan akun yang dimiliki untuk bisa melihat besaran debit bulanan yang perlu dibayarkan. 

Mengecek Saldo BPJSTK

Untuk melakukan pengecekan saldo BPJSTK bisa dilakukan dengan mudah. Pertama, pengecekan saldo dapat dilakukan lewat SMS. Berikutnya, saldo juga dapat dicek lewat aplikasi BPJSTKU. Pastikan sudah mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu. 

Cek Saldo via SMS

Melakukan pengecekan saldo BPJS via SMS ternyata mudah dilakukan. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan format Daftar (spasi) SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR#NO_PESERTA#EMAIL dan kirimkan ke 2757. Kemudian untuk cek saldo, maka ketikkan format SALDO(spasi)nomor.

Cek Saldo via Aplikasi

  • Buka aplikasi BPJSTKU. 
  • Pada halaman beranda, klik opsi Lihat Saldo. 
  • Pada halaman tersebut akan tampil info saldo yang dibutuhkan. 
  • Untuk informasi lebih lengkap, klik saja bagian gambar kartu BPJSTK. 

Klaim BPJSTK Paling Mudah

Mencairkan BPJSTK juga mudah dilakukan. Peserta bisa melakukannya secara manual dengan datang ke kantor dan mengambil antrian. Selain itu, peserta juga dapat mengklaimnya via situs resmi pencairan BPJSTK. 

  • Lakukan log in dan mulai isikan data pada halaman resmi lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id. 
  • Masukkan dokumen pengajuan pencairan BPJS lengkap dengan formulirnya.
  • Unggah seluruh berkas yang diperlukan.
  • Lakukan verifikasi data. 
  • Nantinya peserta akan memperoleh pencairan dana tersebut di kantor terdekat. 

BPJS Ketenagakerjaan online akan memudahkan setiap peserta untuk memperoleh jaminan terhadap kecelakaan kerja maupun hal lain yang tidak diinginkan. Untuk itu, setiap pekerja diharapkan dapat mendaftarkan diri baik lewat perusahaan maupun individu. 

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi