Cara Membuat Akun Alipay, Transfer Uang, dan Kelebihannya

Di zaman yang serba online, apapun bisa dilakukan dengan praktis dan mudah. Salah satunya di bidang transaksi dengan adanya dompet elektronik. Banyak e-wallet yang berkembang pesat dari tahun ke tahun, seperti Alipay yang keberadaannya semakin populer. Keberadaan dompet elektronik sangat digemari karena bisa memudahkan penggunanya untuk membayar tagihan tanpa repot membawa uang tunai. Cara membuat akun Alipay juga cukup praktis, Kamu bisa membuatnya dengan mudah hanya dalam beberapa langkah saja.

Alipay merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Alibaba Group besutan Jack Ma. Aplikasi ini terbukti telah memiliki ratusan juta pengguna di seluruh belahan dunia. Sebagai aplikasi e-wallet yang dikhususkan untuk penduduk China, orang-orang lokal tidak bisa menggunakannya. Intinya hanya orang-orang China yang bisa menggunakannya.

Sejarah Berdirinya Alipay

Sekilas tentang dompet digital Alipay, pertama kali didirikan pada Februari 2004 lalu di Hangzhou, Tiongkok, oleh Alibaba Group. Awalnya kantor pusat Alipay berada di Hangzhou, lalu dipindahkan ke Pudong, Shanghai. Kendati demikian, perusahaan induknya tetap berada di Hangzhou.

Alipay berkembang dengan pesat, bahkan pada tahun 2018 telah memiliki sebanyak 870 juta pengguna. Data statistik pada kuartal keempat tahun 2017 menunjukkan bahwa Alipay mempunyai 54,26% pangsa pasar yang akan terus berkembang.

Bagaimana Cara Mendaftar Alipay?

Cara menggunakan Alipay cukup mudah. Tetapi langkah pertama yang harus Kamu perhatikan adalah memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi dompet digital yang sudah mendunia ini dapat Kamu unduh dengan mudah di Google Play Store.

cara membuat akun alipay

Siapkan dulu dokumen wajib untuk mendaftar yang menunjukkan ID China, yaitu paspor dan nomor HP yang aktif. Setelah mempersiapkan kedua dokumennya, langkah berikutnya adalah mulai mendaftar. Ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pastikan Kamu sudah mengunduh aplikasi Alipay di Google Play Store atau App Store
  • Instal aplikasi di smartphone Kamu.
  • Buka aplikasi Alipay yang sudah terpasang.
  • PIlih menu “Saya” lalu tekan sub menu “Akun Saya: Kartu, Keanggotaan”.
  • Pilih opsi “Kartu Saya – Tambahkan sekarang”.
  • Masukkan kata sandi yang bisa Anda ingat (jumlah enam digit).
  • Kemudian kembali klik opsi “Kartu Saya – Tambahkan Sekarang”.
  • Lalu masukkan rekening bank Kamu.
  • Pastikan Kamu memasukkan berbagai informasi tentang rekening dengan tepat, mulai dari nama lengkap yang penulisannya sesuai dengan akun bank milik Kamu.
  • Kalau sedang berada di negara lain, pilih opsi “Paspor” untuk ID. Lalu untuk warga Taiwan dan Hong Kong, pilih “Izin Kunjungan Rumah” sebagai ID.
  • Lalu akan ada kode verifikasi yang dikirim melalui pesan pendek ke nomor Kamu.
  • Masukkan kode verifikasi dan proses pendaftaran telah selesai.
  • Kamu bisa menunggu kurang lebih 24 jam untuk menunggu persetujuan dari Alipay.

Cara Top Up Alipay

Setelah mengetahui cara membuat akun Alipay, sekarang saatnya bagi Kamu untuk mengetahui cara Top up di Alipay. Cara Top Up ini bisa dilakukan dari rekening atau ATM pribadi Kamu. Langkah pertamanya adalah cek saldo (Balance) terlebih dahulu.

Pada opsi Balance, Kamu bisa klik menu Top Up =>  Lalu masukkan nominal uang yang ingin Kamu isikan => Lalu Konfirmasi password => Tunggu beberapa saat lalu proses konfirmasi password akan selesai => Saldo telah terkirim ke akun Alipay Kamu.

Cara Melakukan Transfer Dari Alipay

Selanjutnya Kamu mungkin akan melakukan transfer melalui Alipay. Cara transfer Alipay juga tak kalah sederhana. Sebagai informasi, Alipay bisa digunakan untuk mengirim uang ke luar negeri dengan memilih opsi transfer internasional. Sistem pembayaran juga cepat sekaligus mudah. Berikut adalah cara transfer uang dari Alipay:

  1. Buka aplikasi Alipay.
  2. Klik menu Transfer.
  3. Ada beberapa opsi yang muncul (To My Friends, To Alipay Account, dan To Bank Card)
  4. Misalnya ingin mengirim ke sesama akun Alipay, maka tinggal pilih To Alipay Account.
  5. Ketik nominal uang yang akan Kamu kirim (misalnya 3000 Yuan).
  6. Klik “Confirm”.
  7. Pada opsi method pilih Balance.
  8. Klik “Pay Now” dan konfirmasi password.
  9. Lalu akan muncul notifikasi bahwa transfer telah berhasil.

Jika ingin transfer ke rekening bank, Kamu tinggal pilih opsi “To Bank Card” yang muncul setelah klik menu “Transfer”. Misalnya sedang berada di restoran, Kamu sudah tidak perlu repot lagi membawa uang tunai karena sudah ada e-wallet dari Alipay.

Cara membayar menggunakan Alipay sangat mudah. Ada dua alternatif yang bisa Kamu lakukan, yang mana keduanya melibatkan pemindaian kode QR.  Opsi yang pertama, Kamu bisa memindai kode QR milik pelanggan. Lalu opsi kedua, penjual yang memindai kode QR milik Kamu.

Apa Saja Kegunaan Alipay?

Sebagai salah satu e-wallet yang telah mendunia, aplikasi Alipay memiliki banyak kegunaan. Mulai dari membayar makanan dan minuman di gerai yang telah bekerjasama dengan Alipay, melakukan transfer dengan cepat dan mudah, berbelanja di beberapa situs Tiongkok, memeriksa saldo bank, membayar tagihan telepon dan kartu kredit, mengecek saldo bank, dan masih banyak lagi.

Intinya Kamu bisa melakukan banyak hal dengan memanfaatkan aplikasi Alipay yang bisa Kamu unduh dengan di ponsel pintar ini. Bahkan Kamu juga bisa menghubungkan Alipay dan akun bank milik Kamu tanpa harus menaruh dana dulu. Cara membuat akun Alipay yang mudah juga menjadi salah satu kelebihannya.

banner transfer ke luar negeri

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Alipay?

Menggunakan Alipay tentu memiliki banyak keuntungan. Itulah sebabnya banyak yang menggunakan aplikasi dompet digital ini di berbagai penjuru dunia. Kamu juga bisa memperoleh berbagai keuntungan dengan menggunakan Alipay. Sebagaimana beberapa kelebihannya berikut ini:

Proses Cepat dan Mudah

Banyak proses pembayaran yang bisa Kamu lakukan melalui Alipay, sebagaimana telah sedikit disinggung di atas. Ketika ingin membayar secara online, Kamu tinggal memasukkan kode pin saja. Prosesnya lebih cepat sekaligus mudah karena tidak perlu pengisian informasi lainnya yang berulang. Otomatis waktu Kamu juga bisa lebih hemat.

Proses Aman

Mengenai keamanannya tidak perlu Kamu khawatirkan, karena kode pin sudah dijamin keamanannya. Alipay juga dilengkapi dengan beberapa mekanisme yang akan membuat akun Kamu semakin aman. Misalnya dengan adanya kata sandi untuk masuk serta kata sandi untuk pembayaran.

Pengiriman Uang Instan

Siapapun pasti menyukai aplikasi pengiriman uang yang cepat dan instan. Itulah yang akan Kamu dapatkan ketika menggunakan dompet digital Alipay. Proses pengiriman uangnya dapat dilakukan secara cepat dan efisien, meskipun itu dari luar negeri sekalipun.

Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan oleh pengguna ketika menggunakan Alipay. Sayangnya, tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi dompet digital ini. Sebab Alipay memang diperuntukkan bagi warga China yang ada di seluruh dunia.

Itulah cara membuat akun Alipay dalam beberapa langkah yang mudah. Selain proses pembuatannya yang praktis, banyak kelebihan yang bisa Kamu peroleh. Dengan begitu, berbagai proses pembayaran dan kirim uang akan lebih cepat dan praktis.

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi