5 Cara Favorit Transfer Uang ke Luar Negeri

Transfer ke luar negeri kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan harian bagi sebagian orang. Khususnya bagi mereka yang memiliki keluarga dan kerabat yang tinggal di luar negeri maupun yang melakukan bisnis impor barang dari luar negeri.

Di antara sekian banyak cara, setiap orang, termasuk kamu, pasti ingin mencari cara teraman, termudah, dan termurah untuk mengirim uang ke luar negeri. Namun, jangan asal memilih. Perhatikan beberapa hal ini sebelum memilih cara atau layanan transfer ke luar negeri.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Transfer Uang ke Luar Negeri

Kejelasan Status Uang yang Dikirim dan Data Penerima Dana

Berbeda dengan pengiriman uang dalam negeri, pengiriman uang ke luar negeri melibatkan banyak pihak, seperti pihak bank dan pihak yang menyediakan jasa pengiriman uang/ remitansi. Hal ini dimaksudkan agar transaksi yang terjadi jauh lebih aman dan terjaga kejelasan status transaksinya.

JIka ada pihak yang mengirimkan berkali-kali dalam jumlah yang tidak wajar atau mengirimkan sekali dalam jumlah yang terlampau besar, biasanya pihak bank maupun remitansi akan mengetatkan tingkat keamanan, bahkan menolak transaksi.

Oleh karena itu, agar bisa melakukan transaksi dengan lancar, pengirim dana harus bisa menyediakan kejelasan status uang yang dikirim maupun kejelasan data penerima dana. Pastikan isi bagian sumber dana, tujuan pengiriman dana, dan data detail penerima dana sebenar-benarnya.

Hal ini penting untuk dilakukan agar bisa mencegah terjadinya tindak kejahatan pencucian uang.

Biaya Layanan

Ada beragam layanan pengiriman uang ke luar negeri. Masing-masing menawarkan harga yang kompetitif untuk bisa memberikan kepuasan maksimal terhadap pengguna jasanya.

Namun, memilih salah satu di antaranya, pastikan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut terkait biaya layanan. Pilihlah layanan yang transapran dan tidak menyembunyikan biaya tambahan apapun baik di awal maupun di akhir proses transaksi.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa membaca berbagai artikel atau menonton video perbandingan atau review antar beberapa layanan pengiriman uang ke luar negeri.

Kurs

Selain biaya layanan, perhatikan juga kurs yang diterapkan oleh penyedia jasa. Bisa jadi kamu mendapatkan biaya layanan yang kelewat murah, namun kurs yang dipakai cenderung mahal. Pada akhirnya, kamu perlu membayar total biaya yang jauh lebih mahal dari semestinya.

Selain itu ada juga penyedia jasa yang menerapkan biaya layanan standar namun memberikan kurs yang sangat menguntungkan bagi pengirim dana. Pada akhirnya total biaya yang dikirimkan menjadi lebih murah dan uang yang diterima oleh rekan atau kerabat di luar negeri menjadi jauh lebih tinggi.

Jadi, pastikan memilih layanan yang bukan hanya menyediakan biaya layanan yang murah, namun juga menyediakan kurs terbaik.

Kemudahan Pengecekan Status Transaksi

Bisa dengan mudah mengetahui status transaksi dari dana yang kamu kirimkan bisa menjadi sumber ketenangan. Apalagi jika kamu tidak perlu bolak-balik menelepon atau menghubungi pihak pengirim.

Bayangkan jika kamu bisa langsung mengecek status transaksi langsung dari dalam aplikasi atau menerima update berkala yang dikirimkan ke emailmu. Tentunya hal tersebut akan membuat perasaan jadi nyaman dan hidup jadi lebih mudah.

Beberapa penyedia layanan, seperti Flip Globe, sudah menyediakan hal ini.

Kemudahan Menghubungi Tim Support

Ini wajib masuk dalam pertimbangan kamu. Kenapa? Karena kamu layak mendapatkannya. Bayangkan, kamu sudah mempercayai pihak lain untuk mengirimkan dana ke luar negeri, namun ketika ada kendala pihak tersebut justru tidak bisa dihubungi.

Oleh karena itu, pastikan hanya memilih layanan yang menyediakan kemudahan untuk dihubungi ketika ada kendala dalam transaksi.

Cara Favorit untuk Mengirim Uang ke Luar Negeri

Western Union

Layanan Western Union merupakan salah satu layanan favorit yang digunakan oleh orang Indonesia. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan.

Western Union sudah lama dikenal dan beroperasi 200 negara. Perihal biaya transfer, Western Union menyediakan model berjenjang. Artinya, semakin besar uang yang akan kamu kirimkan, maka semakin besar juga biaya yang perlu kamu bayarkan.

Misalnya seperti yang tertera pada website harga.web.id, untuk mengirimkan uang di bawah Rp750.000 ke luar negeri, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya layanan100 ribu-an rupiah. Sedangkan untuk mengirim uang dengan nominal Rp56.250.001-Rp60.000.000 kamu perlu mengeluarkan biaya layanan hingga Rp2.500.000.

Jika biaya layanan berjenjang ini kurang cocok untukmu, jangan khawatir. Ada alternatif lain yang menyediakan biaya transfer sama rata, berapapun uang yang kamu kirimkan. Bisa kamu lihat di bagian “Jasa Pengiriman Uang”.

Bank ke Bank

Setiap bank umumnya memiliki layanan transfer ke luar negeri atau remittance tersendiri dengan ketentuan biaya layanan dan kurs masing-masing.

Ada beberapa bank yang bisa kamu coba, diantaranya:

  • Bank Mandiri dengan layanan Mandiri Remittance
  • BNI dengan layanan BNI Smart Remittance
  • DBS dengan layanan DBS Transfer Valas
  • CIMB dengan layanan CIMB Remittance
  • Bank Muamalat dengan layanan Remittance iB Muamalat
  • BCA dengan layanan Outward Remittance
  • BRI dengan layanan BRI Remittance

Untuk melakukan pengiriman, kamu bisa klik tautan yang sudah disediakan pada daftar di atas atau mengunjungi masing-masing bank. Nantinya kamu akan diberikan formulir yang harus diisi seperti halnya metode pengiriman uang melalui Western Union.

Saat mengisi formulir, pastikan tidak ada data yang salah ya.

ATM / Aplikasi Mobile tiap Bank

Melakukan transaksi melalui ATM atau aplikasi mobile tiap bank tentunya akan menjadi metode yang jauh lebih mudah ketimbang mengunjungi bank secara langsung.

Namun, ada yang beberapa hal yang umumnya perlu diperhatikan saat melakukan transfer. Pastikan kamu sudah mengetahui Kode SWIFT. Jika kamu tidak menggunakan kode SWIFT, maka proses transaksi akan gagal. Kode SWIFT ini biasanya diletakkan di depan nomor rekening bank tujuan.

Untuk proses yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi mobile dari bank penyedia layanan remitansi. Namun, baru beberapa bank saja yang menyediakan kemudahan ini, diantaranya BNI dan DBS.

Paypal

Metode ini merupakan salah satu metode yang sangat disukai selain Western Union, khusunya untuk orang-orang yang bergerak di bidang bisnis digital. Rata-rata toko online di luar negeri menerima pembayaran melalui Paypal.

Untuk transaksi toko online, Paypal biasanya menerapkan biaya, sedangkan untuk transaksi personal Paypal menggratiskan biayanya. Hanya saja, kurs yang diterapkan oleh Paypal umumnya lebih mahal dibandingkan kurs dari bank maupun jasa transfer lainnya.

Jasa Pengiriman Uang

Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa atau layanan transfer di Indonesia. Ada yang hanya menyediakan jasa transfer antarbank dengan biaya murah, ada pula yang menyediakan jasa transfer antarbank tanpa biaya sekaligus jasa remitansi atau pengiriman uang ke luar negeri.

Salah satu jasa yang paling disukai dan banyak digunakan adalah layanan Flip Globe dari Flip, penyedia jasa transfer antarbank tanpa biaya admin.

Layanan Flip Globe ini menerapkan biaya transfer sama rata alias flat untuk berapapaun jumlah uang yang kamu kirimkan.

Saat ini ada 3 besaran biaya layanan, yaotu Rp45.000 untuk pengiriman uang ke Malaysia, Rp50.000 untuk pengiriman uang ke Korea, India, dan Filipina, serta Rp65.000 untuk pengiriman uang ke negara lainnya.

Copyright © 2021 Flip Blog

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi