Cerdas Saat Belanja Online, Yuk Lakukan Hal Ini

Apakah kamu suka berbelanja online? Selain untuk memenuhi kebutuhan, berbelanja juga menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Pada masa sekarang, kegiatan belanja bisa dilakukan secara praktis dan mudah di berbagai tempat jual beli online. Ada sejumlah marketplace yang menawarkan berbagai diskon dan promo menarik setiap bulan.

Kendati begitu, ada sisi lain dari kemudahan tersebut, yakni sulitnya mengontrol pengeluaran. Kamu bisa menghabiskan uang dalam sekejap hanya karena tidak pandai mengerem keinginan atau tergoda diskon besar. Nah, agar kegiatan belanja online tetap dapat memberikan manfaat yang optimal dan tepat bagi kamu, yuk simak dan coba terapkan tips berikut ini!

Hal pertama yang perlu kamu sadari sebelum berbelanja online adalah apakah benda tersebut termasuk dalam kategori kebutuhan atau keinginan? Kebutuhan harus selalu didahulukan daripada keinginan. Jika kebutuhan tidak tercukupi, kamu bisa saja mengalami masalah atau kendala dalam beraktivitas.

cerdas ketika belanja online

Sumber : Envato.com

Kebutuhan sering kali tidak bisa ditunda. Namun, keinginan bisa ditunda, bahkan tidak dipenuhi jika dananya tidak tersedia. Dengan menyadari hal ini, kamu akan lebih mudah untuk memutuskan barang yang sebaiknya dibeli atau tidak perlu dibeli meskipun tidak mahal.

  • Survei Harga Produk

Seorang pembeli yang cerdas wajib melakukan survei harga produk terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tawaran terbaik dari penjual. Akan lebih baik jika kamu berhasil menemukan penjual yang menawarkan produk dengan harga lebih murah daripada yang lain.

Meski begitu, kamu juga perlu memperhatikan sejumlah faktor lain, misalnya ongkos kirim, garansi, dan kualitas produk. Amati apakah toko tersebut tepercaya dan menjual produk yang benar-benar bagus meskipun harganya murah. Dengan demikian, kamu tidak mudah tergiur dan akhirnya membeli produk yang tidak bagus.

  • Baca Deskripsi Produk

Ketika berbelanja online, kamu tidak bisa melihat langsung atau memegang benda yang akan dibeli. Hal yang bisa dilakukan adalah melihat foto produk dan membaca deskripsi produk. Biasanya, toko online akan menyertakan penjelasan detail mengenai produk tersebut untuk membantu calon pembeli.

Pada deskripsi produk, kamu bisa menemukan berbagai informasi penting, mulai dari bahan pembuat, ukuran, warna, bahkan cara pemakaian produk. Nah, dengan mengetahui hal ini, kamu bisa memutuskan untuk membeli jenis produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Cek Biaya dan Durasi Pengiriman

Kegiatan belanja online tak terlepas dari dukungan ekspedisi. Saat ini, ada beragam jenis ekspedisi yang bisa dipilih berdasarkan harga pengiriman produk setiap kilogram maupun durasi pengirimannya. Jika ingin kiriman lebih cepat tiba di tujuan, biaya ekspedisi biasanya lebih mahal.

Makin besar dan berat barang yang akan kamu beli, makin besar pula biaya pengiriman. Jadi, sangat penting untuk mengetahui kondisi barang sebelum membeli, terutama bobotnya. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan mencari toko yang menjual produk sama tetapi berjarak dekat dengan lokasi kamu sebagai pembeli.

  • Cari Informasi Tentang Produk

Sebelum membeli sebuah barang atau benda secara online, jangan lupa untuk menggali banyak informasi terlebih dahulu. Jika ada produk yang dikeluarkan oleh pabrik atau merek yang berbeda, mana yang akan kamu pilih? Kamu tentu harus memperhatikan kualitas masing-masing produk meskipun fungsinya secara umum sama.

cari informasi tentang produk

Sumber : Envato.com

Ada banyak informasi seputar keunggulan suatu produk di internet, baik yang secara resmi dirilis oleh pembuatnya maupun review yang diungkap oleh penggunanya. Pada tahap ini, kamu bisa saja akan menemukan kekurangan produk tersebut. Namun, hal yang paling penting adalah memastikan kamu tidak terlalu terganggu dengan kekurangan tersebut.

  • Apakah Ada Keuntungan Ekstra?

Seorang tipe pembeli cerdas juga wajib mencari informasi mengenai keuntungan ekstra yang mungkin didapatkan. Sejumlah produk di-bundling dengan bonus lain jika kamu bersedia menambah sedikit pembayaran. Ada pula bonus yang ditawarkan secara gratis, tetapi pada periode waktu tertentu.

Rajin dan telaten adalah kunci mendapatkan keuntungan ekstra setiap kali berbelanja online. Jika tidak mendesak, tidak perlu terburu-buru membeli sebuah barang. Pada waktu tertentu, produk tersebut bisa saja turun harga sehingga kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

  • Ketahui Kebijakan Toko

Tiap toko memiliki kebijakan yang berbeda bagi para pelanggan. Ketika pelanggan mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan yang dibeli, ada toko yang menawarkan penggantian produk. Namun, ada pula toko yang mewajibkan syarat berupa video unboxing produk sesaat setelah diterima untuk mengklaim penggantian.

Kebijakan lain misalnya tidak bersedia menerima komplain apabila produk rusak selama dalam perjalanan. Supaya produk lebih aman, pembeli disarankan untuk menambahkan pembungkus ekstra. Hal-hal seperti ini biasanya terdapat pada deskripsi produk. Kamu perlu memahaminya terlebih dahulu.

  • Pilih Metode Pembayaran yang Diinginkan

Kemudahan berbelanja online didukung oleh tersedianya metode pembayaran yang sangat beragam. Saat ini, ada metode transfer, menggunakan virtual account, membayar dengan e-wallet, untuk menyelesaikan transaksi pembelian di sebuah toko di marketplace. Kamu hanya perlu memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Apabila rekening yang kamu gunakan ternyata berbeda dengan rekening tujuan pembelian, tidak perlu khawatir. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Flip, yaitu aplikasi transfer antarbank tanpa perlu membayar biaya admin. Seperti diketahui, biaya admin bank saat ini adalah Rp6.500 per transaksi. Biaya ini bisa kamu pangkas hanya dengan menggunakan Flip dan menyimpannya untuk keperluan lain.

Untuk mengakses layanan transfer di Flip, kamu terlebih dahulu perlu mengunduh dan memasangnya di smartphone. Kemudian buatlah akun dan lakukan verifikasi untuk memudahkan proses transfer. Tidak perlu khawatir, uang yang dikirim pun akan tiba dengan di rekening tujuan tidak lama setelah ditransfer. 

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia untuk belanja online, kamu kini bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan atau keinginan. Jangan lupa, jadilah pembeli yang cerdas dan hemat agar kegiatan belanja tidak menguras kantong, ya. Semoga bermanfaat!

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi