Flip Raih Pendanaan Seri B Senilai 48 Juta Dolar AS Dipimpin oleh Sequoia Capital India, Insight Partners, dan Insignia Ventures Partners

  • Flip merupakan perusahaan teknologi keuangan terkemuka Indonesia dalam platform  pembayaran konsumen 
  • Investasi pertama Insight Partners di Indonesia 
  • Pendanaan baru akan mendorong ekspansi bisnis perusahaan, inovasi teknologi, dan  pengembangan tim 

Depok, 8 Desember 2021 – Flip, platform pembayaran konsumen terkemuka Indonesia,  mengumumkan bahwa perusahaan telah memperoleh pendanaan Seri B senilai 48 Juta  Dolar AS[1] yang dipimpin oleh Sequoia Capital India, Insight Partners, dan Insignia  Ventures Partners. Putaran investasi di Flip ini sekaligus menandai investasi pertama kali  di Indonesia oleh Insight Partners, sebuah perusahaan ekuitas swasta dan modal ventura  global yang berbasis di New York.

Flip berencana menggunakan pendanaan ini untuk mempercepat ekspansi bisnis,  memperkuat operasional di Indonesia, investasi pada teknologi untuk memberikan  kualitas layanan yang lebih tinggi kepada para pelanggan, dan mengembangkan sumber  daya manusia dengan fokus pada tim teknik (engineering) dan produk (product).

Saat ini, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pemilik rekening bank saat  melakukan transfer uang, mulai dari kenyamanan penggunaan produk, biaya admin  transfer beda bank, alur transaksi hingga kelancaran dan kecepatan proses transaksi.  Masih terdapat ruang untuk memperbaharui dan mempermudah berbagai transaksi  keuangan. Flip berupaya membantu para individu dan bisnis untuk meminimalkan  kerumitan transaksi tersebut dan melakukan transfer uang dengan biaya rendah.

Flip bertujuan menjadi perusahaan teknologi keuangan yang paling mengutamakan  pelanggan (customer-centric) di dunia dan memungkinkan para pengguna untuk  melakukan transaksi keuangan yang fair (adil) dari mana saja kepada siapa saja.  Beberapa produk Flip yang paling dominan di antaranya pembayaran P2P online dengan  transfer beda bank ke lebih dari 100 bank domestik, pengiriman uang ke luar negeri  (international remittance), isi ulang dompet digital (top-up e-wallet), dan produk-produk  solusi bisnis.

“Kami merasa terhormat untuk tetap menerima kepercayaan dan dukungan terus menerus dari mitra kami. Kami juga senang menyambut perusahaan modal ventura dan  ekuitas swasta global terkemuka, Insight Partners, yang telah terbukti sukses dalam  lanskap industri teknologi keuangan global. Kami percaya bahwa kemitraan ini akan  membantu kami dalam mengejar pertumbuhan dan mewujudkan visi kami untuk  menghadirkan produk keuangan yang paling fair (adil) di Indonesia,” kata Rafi Putra  Arriyan, Pendiri dan Direktur Utama Flip. “Pendanaan baru ini merupakan bukti  komitmen dan kegigihan tim kami. Hal ini menjadi sumber yang kami butuhkan untuk  mendorong dan mempercepat misi kami dalam memberikan solusi inovatif yang  memudahkan money movement (pergerakan uang) di Indonesia.”

Flip telah tumbuh secara signifikan di tengah meningkatnya adopsi teknologi. Flip  melayani lebih dari tujuh juta pengguna untuk memproses berbagai jenis transaksi  keuangan dari dan ke berbagai daerah di Indonesia serta untuk pengiriman uang ke luar  negeri. Selain itu, Flip menghadirkan solusi bisnis bagi ratusan perusahaan dengan  berbagai skala industri, termasuk UKM (Usaha Kecil Menengah), melalui layanan  pencairan uang dan pengiriman uang seperti penggajian karyawan, pengembalian uang  pelanggan, pembayaran faktur/pemasok, dan transfer internasional.

“Transfer beda bank merupakan metode pembayaran paling dominan dalam ekonomi  digital Indonesia yang berkembang pesat. Flip memiliki basis pengguna yang besar dan  tumbuh cepat dengan metrik retensi yang luar biasa, semuanya mengarah pada produk  yang menyenangkan dan bagus yang dibuat oleh Flip. Bermitra dengan lebih dari 50  perusahaan fintech dan beberapa unicorn pembayaran pertama distribusi, Sequoia  Capital India percaya bahwa Flip adalah perusahaan fintech konsumen paling menarik di  Indonesia. Kami sangat senang untuk memimpin bersama putaran ketiga berturut-turut  sebagai bukti keyakinan yang tinggi terhadap Flip,” kata Aakash Kapoor, VP Sequoia  India.

“Flip mendisrupsi pasar transfer beda bank yang ada dan telah memantapkan dirinya  sebagai pemimpin yang pasti dalam kategori ini dengan produk unggulan yang  memungkinkan pergerakan pembayaran tanpa batas antara mitra-mitra bank,” kata  Deven Parekh, Managing Director Insight Partners. “Kami berharap dapat bekerja  sama dengan Flip karena perusahaan terus meningkatkan dan memperluas produknya.”

“Sebagai investor institusional pertama di Flip, kami telah menyaksikan pertumbuhan  produk dan kinerja tim yang luar biasa selama dua tahun terakhir. Saat ini, Flip menjadi  pemain dominan di industrinya dengan jutaan orang Indonesia yang telah mempercayai  platform ini untuk kebutuhan finansial mereka sehari-hari. Kami berharap dapat bekerja  sama dengan Flip untuk memperdalam keunggulan mereka di Indonesia,” kata Samir  Chaibi, Principal Insignia Ventures Partners.

Pendanaan baru ini mengikuti putaran Seri A Flip pada tahun 2020 yang dipimpin oleh  Sequoia Capital India dan putaran awal (seed) pada tahun 2019 yang dipimpin bersama  oleh Sequoia Capital India dan Insignia Ventures Partners.

Flip didirikan oleh alumni Universitas Indonesia; Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan  Ginanjar Ibnu Solikhin yang mulai membangun perusahaan sambil kuliah. Platform Flip  merupakan jawaban atas permasalahan yang dialami langsung oleh Rafi sebagai  mahasiswa di mana dia harus menunggu lama untuk transfer uang dan membayar biaya  admin setiap kali transfer ke beda bank.

Dengan melanjutkan sistem kerja jarak jauh (remote working), Flip telah menambah lebih  dari 250 anggota tim untuk mmembangun layanan keuangan yang fair (adil) bagi jutaan  orang Indonesia. Perusahaan telah meningkatkan timnya sebesar 140% selama  beberapa bulan terakhir.

[1] 4 juta Dolar AS setara dengan +/- 715,58 miliar Rupiah berdasarkan kurs Bank Indonesia pada 8 Desember 2021 pukul 08.30 WIB. 

 

Tentang Flip 

Flip (PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi) merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang berfokus pada  layanan finansial. Memperoleh lisensi dari Bank Indonesia (BI) pada tahun 2016, Flip menyediakan layanan  finansial, di antaranya transfer beda bank, transfer ke luar negeri, top-up e-wallet, transfer gaji ke puluhan  ribu karyawan, dan lain sebagainya.

Hingga Oktober 2021, Flip memiliki lebih dari 7 juta pengguna dengan penilaian (rating) sebesar 4,7 dari 5  oleh lebih dari 250.000 ulasan di iOS dan Android. Produk solusi B2B Flip juga dipercaya oleh ratusan  perusahaan dan UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia.

Flip didirikan tahun 2015 oleh Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan Ginanjar Ibnu Solikhin. Berkat  inovasi dan kegigihan seluruh tim, Flip memperoleh beberapa penghargaan, di antaranya Forbes 30 Under  30 dan LinkedIn Top Startup tahun 2021. Flip berkomitmen untuk menghadirkan produk finansial yang adil  bagi siapa pun dan di mana pun.

Aplikasi Flip dapat diunduh melalui iOS dan Android. Informasi selengkapnya, kunjungi flip.id

 

Tentang Sequoia Capital India 

Sequoia membantu para pendiri yang berani membangun perusahaan legendaris, mulai dari ide hingga  IPO dan seterusnya. Sequoia India beroperasi di Asia Tenggara dan India di mana kami secara aktif  bermitra dengan pendiri dari berbagai perusahaan, lintas kategori, termasuk BYJU, Carousell, Druva,  Gojek, OYO Rooms, Tokopedia, Truecaller, Zilingo, Zomato dan banyak lagi.

Kami memacu para pendiri untuk mendorong batas-batas dari segala kemungkinan. Dalam bermitra  dengan Sequoia, para perusahaan pemula mendapat manfaat dari 48 tahun pengetahuan basis komunitas  dan pelajaran yang dipetik bekerja dengan perusahaan seperti Airbnb, Alibaba, Apple, Dropbox, Google,  LinkedIn, dan Stripe sejak awal.

Sejak awal, universitas, dana abadi, dan organisasi nirlaba lainnya telah menjadi tulang punggung basis  investor kami, yang berarti pencapaian para pendiri membuat perbedaan yang berarti. Untuk informasi  lebih lanjut tentang karya Sequoia di India dan Asia Tenggara, kunjungi sequoiacap.com/india

 

Tentang Insight Partners 

Insight Partners adalah perusahaan modal ventura dan ekuitas swasta global terkemuka yang berinvestasi  di perusahaan ScaleUp teknologi dan perangkat lunak dengan pertumbuhan tinggi yang mendorong  perubahan transformatif dalam industri mereka. Didirikan pada tahun 1995, Insight Partners telah  berinvestasi di lebih dari 400 perusahaan di seluruh dunia dan telah mengumpulkan melalui serangkaian  dana lebih dari $30 miliar dalam bentuk komitmen modal.

Misi Insight adalah menemukan, mendanai, dan  bekerja dengan sukses dengan eksekutif visioner, memberi mereka keahlian perangkat lunak praktis dan  praktik untuk mendorong kesuksesan jangka panjang. Di seluruh karyawan dan portofolionya, Insight  mendorong budaya seputar keyakinan bahwa perusahaan dan pertumbuhan ScaleUp menciptakan  peluang bagi semua. Untuk informasi lebih lanjut tentang Insight dan semua investasinya, kunjungi  insightpartners.com atau ikuti kami di Twitter @insightpartners.

 

Tentang Insignia Ventures Partners 

Insignia Ventures Partners adalah perusahaan modal ventura teknologi tahap awal yang bermitra dengan  pendiri yang gigih untuk membangun perusahaan hebat di Asia Tenggara. Sejak 2017, kami telah  berinvestasi di 70+ perusahaan teknologi baru di seluruh industri dan di kawasan ini, termasuk unicorn  Carro, Ajaib, GoTo, dan Appier, dan pemimpin kategori termasuk Payfazz, Shipper, tonik, dan Flip.

Kami bermitra sejak awal dengan para pendiri dan mendukung mereka dari awal hingga tahap  pertumbuhan karena perusahaan mereka menciptakan dampak yang berarti bagi jutaan orang di Asia  Tenggara dan sekitarnya. Dengan tim kami yang terdiri dari 30+ profesional investasi dan operasi yang  menyatukan pengalaman puluhan tahun dan jaringan kepemilikan, kami melengkapi pendiri kami dengan  sumber yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan.

Pelajari lebih lanjut di website kami website dan Insignia Business Review. Ikuti kami di LinkedInInstagram, and Twitter.

 

Kontak Media 

Reza Marta Fawzy

Public Relations 

Email: reza.fawzy@flip.id 

No. HP: +6285974323916

 

Foto Siaran Pers

Group Photo Flip Series B Announcement

Foto 1 – Dari kiri ke kanan: Rafi Putra Arriyan (Pendiri & Direktur Utama Flip), Luqman Sungkar (Pendiri & Direktur  Teknologi Flip), Ginanjar Ibnu Solikhin (Pendiri Flip), Gita Prihanto (Direktur Operasional Flip). 

 

Flip app can be downloaded on smartphones

Foto 2 – Aplikasi Flip yang dapat diunduh melalui iOS dan Android pada ponsel pintar.

Copyright © 2022 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi