Investasi Adalah Hal Penting yang Perlu Anda Miliki, Berikut Manfaatnya!

Berinvestasi adalah hal yang penting, karena membuat uang bekerja untuk Anda. Ya, konsep dari investasi adalah, Anda bekerja keras untuk uang dan uang Anda kemudian bekerja keras untuk Anda. Jadi, investasi memang membutuhkan strategi agar mendapatkan pengemabalian dan keuntungan.

Berinvestasi adalah bagaimana Anda bertanggung jawab atas keamanan finansial di masa depan. Investasi memungkinkan Anda untuk menumbuhkan kekayaan tetapi juga menghasilkan aliran pendapatan tambahan jika diperlukan sebelum pensiun.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Berinvestasi adalah usaha untuk mengamankan uang untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Investasi adalah menempatkan uang ke dalam beberapa produk keuangan, entah itu dalam bentuk saham, properti, emas atau apapun yang sekiranya bisa mencapai keuntungan.

Berinvestasi berarti memberikan modal atau dana ke berbagai jenis aset dengan harapan Anda akan menghasilkan keuntungan di masa depan. Beberapa ahli mendefinisikan pengertian investasi seperti :

  1. Fitz Gerald

Investasi merupakan sebuah kegiatan yang ada hubungannya dengan upaya menarik berbagai dana yang digunakan untuk mewujudkan modal berupa barang dan bisa memberi keuntungan di masa mendatang.

  1. Jogiyanto

Investasi merupakan menunda kebutuhan yang ingin dikonsumsi saat ini untuk dialihkan menjadi bentuk aktiva produktif pada masa waktu tertentu.

  1. Gitman dan Joehnk

Investasi adalah sarana yang menempatkan dana dengan tujuan untuk bisa mendapatkan hasil positif atau meningkatkan nilai dana tersebut.

Manfaat Melakukan Investasi

  1. Financial Freedom

Seseorang yang memutuskan untuk berinvestasi harus mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Ketika ada tujuan yang ingin dicapainya, maka pasti akan ada semangat dalam dirinya dalam berinvestasi. Hal ini berlaku untuk Anda yang memang ingin sekali berinvestasi.

Mempunyai tujuan finansial di masa depan amatlah penting untuk mengukur kesuksesan investasi Anda, salah satunya adalah financial freedom.

pengertian investasi, jenis dan manfaat investasi

Maksud dari financial freedom sendiri merupakan sebuah kondisi yang membuat seseorang bebas dari beban finansial karena uang yang dimilikinya bisa menutupi segala macam kebutuhan tanpa harus bekerja.

Ketika di masa depan Anda sudah bisa financial freedom, maka aset atas hasil investasi Anda mampu untuk menghasilkan uang dengan nilai yang lebih dari cukup untuk biaya hidup.

  1. Menghindari Inflasi

Semua orang akan mengalami yang namanya inflasi dan jika ingin menghindarinya, maka pastikan untuk melakukan investasi. Dengan berinvestasi, maka Anda bisa terhindari dari yang namanya inflasi. Ya, investasi membuat uang yang Anda simpan ini tumbuh terus.

Bahkan uang yang Anda simpan ini bisa mendapat suku bunga dengan nilai lebih tinggi dari inflasi. Misal, jika Anda menyimpan uang hanya di celengan dan tidak menginvestasikannya, uang yang Anda simpan di celengan tidak akan bertambah hingga 5 tahun ke depan.

Ya, yang ada semua kebutuhan pokok semuanya jauh lebih mahal dari beberapa tahun lalu. Berbeda jika Anda melakukan investasi, uang akan bertambah nilainya dan terhindari dari inflasi.

  1. Menyiapkan Dana Pensiun

Tidak ada yang mau bekerja hingga di usia senjanya. Anda mungkin ingin sekali menghindari hal demikian. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan dana untuk usia senja sehingga setelah pensiun nanti, Anda tidak repot dalam memenuhi kebutuhan.

Investasi harus Anda siapkan dengan seawal mungkin agar ketika di masa tua nanti Anda tidak akan terganggu dengan masalah finansial.

Cara Mengetahui Profil Risiko

Profil risiko merupakan indikator untuk mengetahui tingkat toleransi individu terhadap risiko yang akan dihadapinya ketika berinvestasi. Profil risiko dapat dikategorikan menjadi 3, konservatif, sedang dan agresif.

Profil risiko konservatif adalah individu dengan toleransi risiko terendah dan agresif adalah individu dengan profil risiko tertinggi. Pastikan sebelum berinvestasi tentukan dulu tujuan finansial di masa depan dan mengetahui profil risiko agar Anda tidak mengalami kerugian, bagaimana caranya?

  1. Tentukan Risk Appetite yang Sesuai

Besaran risiko yang mampu ditanggung akan selalu berbeda sesuai dengan tujuan masin-masing investor. Apakah Anda berinvestasi untuk pendidikan anak-anak Anda dalam 15 tahun atau untuk membeli mobil keluarga dalam 3 tahun ke depan?

Tujuan jangka panjang dan jangka pendek mempengaruhi selera risiko dan pilihan investasi Anda. Penghasilan dan tanggung jawab Anda adalah faktor utama untuk menentukan risk appetite atau selera risiko Anda untuk tujuan keuangan Anda. Pertimbangkan semua investasi yang dipilih.

  1. Ketahui Faktor yang Bisa Mempengaruhi Keputusan

Orang yang main saham atau investasi sejenis lainnya cenderung melakukan hal-hal yang impulsif. Untuk menghindari perilaku yang sifatnya impulsif, Anda harus mempelajari tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan Anda.

Pasar dapat bervariasi dalam perjalanan investasi. Prioritas keuangan Anda mungkin berbeda atau sumber pendapatan mungkin berubah. Pertimbangkan hal-hal yang dapat mempengaruhi keputusan investasi Anda untuk menghindari profil risiko yang berbahaya.

  1. Memiliki Pengetahuan Tentang Investasi

Berinvestasi memang sangat bermanfaat, tetapi jika Anda tidak konsisten untuk belajar memahami apapun yang berkaitan dengan investasi, maka itu akan mempengaruhi profil risiko Anda.

Ingat, berinvestasi dalam pengetahuan adalah investasi terbaik. Jadi, kapan pun Anda berencana untuk berinvestasi dalam ekuitas, investasikan sesuai dengan pengetahuan Anda tentang saham dan keberlanjutan jangka panjang.

Sesuai quote dari John Wesley, hasilkan seberapa banyak yang Anda bisa hasilkan dan berlakulah hemat sebanyak yang bisa dilakukan.

Macam-macam Instrumen Investasi

Pernahkah Anda menyadari pentingnya mempersiapkan dana untuk investasi seperti pentingnya memiliki payung sebelum hujan turun? Bagi yang belum, yuk persiapkan modal untuk investasi dengan menyisihkan pendapatan setiap bulannya.

Jika dana sudah siap, maka Anda bisa memilih beberapa jenis instrumen investasi di bawah ini :

  1. Emas

Berinvestasi emas memberikan Anda keuntungan yang tinggi ke depannya mengingat harga emas akan naik di setiap tahunnya. Namun, pastikan Anda berinvestasi dalam bentuk emas batangan.

  1. Properti

Properti juga menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan karena harga real estate, rumah atau bangunan apapun cenderung selalu naik.

  1. Obligasi

Obligasi merupakan sebuah sertifikat yang isinya adalah perjanjian di antara perusahaan emiten selaku peminjam dana dengan investor yang memberikan dananya.

  1. Reksa dana

Reksa dana merupakan contoh investasi yang dananya dihasilkan oleh berbagai investor dan dikelola oleh platform untuk diinvestasikan ke pasar modal.

  1. Saham

Terakhir, ada saham yang merupakan investasi dengan bukti kepemilikan berapa persen dari sebuah perusahaan. Khusus untuk investasi jenis ini bisa dibilang cukup berbahaya jika tidak tahu ilmunya.

Tips Menghindari Investasi Bodong

Ketika bermain investasi, tidak jarang banyak orang tertipu dan pada akhirnya mengalami kerugian. Bagi Anda yang ingin sekali terhindari dari investasi bodong, perhatikan beberapa tips ini :

  1. Cek apakah perusahaan ada di daftar OJK
  2. Cari investasi yang paling tepat
  3. Teliti cara pemasaran investasi tersebut
  4. Waspadai iming-iming mendapat return dan keuntungan tinggi dalam jangka pendek

Ada beberapa investasi bodong yang dianggap pemerintah melakukan praktik ilegal yang perlu Anda waspadai seperti thetokole.com, Smartplan Community, Antares, Go-Champion dan masih banyak lagi.

Ketika Anda memiliki tujuan finansial yang ingin sekali dicapai, maka cobalah untuk berinvestasi. Ya, apabila Anda memiliki dana yang lebih, maka sangat penting untuk mengalokasikannya ke investasi. Investasi adalah hal penting demi ketenangan finansial di masa mendatang.

 

 

 

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi