Kode Swift Bank dan Cara Cepat Transfer Uang ke Luar Negeri

Di era digital seperti saat ini, ada banyak kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan transaksi keuangan. Kegiatan transfer uang dari dalam negeri ke luar negeri juga semakin mudah dengan hadirnya kode swift bank.  

Sebagian orang mungkin masih kurang familiar dengan istilah kode swift dan fungsinya untuk melakukan transaksi. Nah, untuk mengetahui pengertian dan fungsi kode swift beserta cara mudah transfer uang ke luar negeri, berikut ini penjelasan selengkapnya. 

Apa Itu Kode Swift? 

Beberapa orang mungkin belum terlalu paham dengan apa itu kode swift, bukan? Meski sering digunakan, sebagian orang belum terlalu paham mengenai pengertian dan fungsinya dalam transaksi keuangan.   

Kode swift bank adalah sebuah kode unik dari suatu bank tertentu yang terdiri dari beberapa karakter (huruf atau angka) yang wajib dimasukkan saat melakukan transfer uang baik dalam negeri ke luar negeri atau sebaliknya.” 

Pada awal mulanya, kode swift ini diciptakan untuk menyiasati kerumitan yang terjadi dalam kegiatan tukar-menukar informasi perbankan yang ada di seluruh dunia. Kata SWIFT sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication.  

SWIFT adalah sebuah asosiasi yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekuritas dengan nasabah korporasi dari 209 negara yang ada di seluruh dunia dan membantu menyediakan berbagai informasi keuangan dalam berbagai transaksi yang dilakukan para anggotanya. 

SWIFT sendiri memiliki kantor pusat yang berada di Belgia dengan beberapa kantor cabang di beberapa negara untuk membantu kegiatan transaksi keuangan dunia. Dalam prosesnya, SWIFT akan memberikan sejumlah kode yang terdiri 8-11 karakter apha-numerik yang unik.  

Untuk panjangnya karakter pada kode tiap bank juga berbeda-beda sesuai dengan standar internasional. Karena terdiri dari sejumlah kode yang berbeda-beda, kode swift menjadi identitas bagi suatu bank tertentu untuk melakukan berbagai transaksi keuangan internasional.  

Apa Fungsi Kode Swift Bank? 

Kode swift berfungsi untuk memudahkan identifikasi dalam melakukan transaksi keuangan online dalam lingkup internasional. Kode ini sangat diperlukan untuk memverifikasi transaksi mengirim atau menerima uang dari luar negeri baik melalui transfer atau kartu kredit.  

Dengan adanya kode inilah segala transaksi yang dilakukan para pelaku bisnis dengan mereka yang membutuhkan layanan perbankan menjadi lebih mudah, praktis, dan efisien. Tanpa adanya kode di depan nomor rekening bank penerima, maka kemungkinan proses transfer akan gagal.  

Dengan adanya kode swift bank, semua transaksi dan pertukaran informasi vital yang dilakukan dapat dipastikan keamanannya dan terhindar dari berbagai tindak risiko penyalahgunaan atau kejahatan.  

Di Indonesia sendiri, kode swift banyak dipakai oleh para blogger untuk menggunakan Google Adsense, sehingga metode penarikan uang dari Google Adsense bisa dilakukan secara langsung dan tidak hanya melalui Western Union (WU) atau cek.  

Cara Membaca Kode Swift 

Cara mengetahui dan membaca kode swift dari suatu bank dapat dilihat susunan karakter yang terdiri dari 8 sampai 11 huruf atau angka sebagai penunjuk Nama Bank, Kode Negara, Kode Lokasi, dan Kode Cabang.  

  • Kode Bank merupakan nama singkatan bank yang terdiri dari 4 digit huruf A-Z yang biasanya terletak di awal kode.  
  • Kode Negara merupakan kombinasi karakter huruf A-Z yang menunjukkan kode negara asal tempat bank tersebut berjumlah 2 digit.
  • Kode Lokasi merupakan karakter berupa huruf atau angka berjumlah 2 digit yang menunjukkan lokasi kantor pusat bank tersebut. 
  • Kode Cabang merupakan kombinasi huruf atau angka berjumlah 3 digit yang menunjukkan kantor cabang bank secara lebih spesifik dan bersifat opsional. 

Perbedaan Kode Swift Dengan Kode-kode Lain 

Meskipun sama-sama kode, ada beberapa hal yang membedakan antara kode swift dengan kode bank. Kode bank merupakan kode yang digunakan untuk melakukan transfer uang ke bank berbeda, namun masih lingkup dalam negeri.  

Sementara itu, kode swift atau disebut juga dengan BIC (Bank Identifier Code) biasanya digunakan untuk melakukan transfer uang dari dalam negeri ke luar negeri atau sebaliknya. Dengan begitu, kode swift memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan kode bank. 

Kode Swift Bank

Selain kode swift dan kode bank, ada pula Branch Code yang berfungsi sebagai kode yang biasanya akan meminta rincian rekening termasuk nama lengkap. Kode ini biasanya terdiri dari kombinasi kode bank sebanyak 3 digit dan kode kliring cabang bank utama (branch) sebanyak 7 digit.  

Kode ini biasanya hanya akan diminta saat pengguna akan melakukan proses transfer melalui bank secara elektronik.  

Cara Mudah dan Cepat Transfer Uang ke Luar Negeri 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kode swift dapat digunakan untuk melakukan transfer dari dalam negeri ke luar negeri atau sebaliknya. Nah, berikut ini beberapa cara transfer menggunakan kode swift dan beberapa layanan jasa pengiriman uang ke luar negeri lainnya.   

  1. Aplikasi Mobile Bank (M-Banking) atau ATM 

Semakin berkembangnya teknologi, transaksi pengiriman uang ke luar negeri dapat dilakukan melalui ATM atau aplikasi mobile bank tanpa perlu datang ke bank secara langsung sehingga lebih efektif dan efisien. 

Sebelum melakukan transfer uang, sebaiknya cek daftar lengkap kode swift bank terlebih dahulu atau bisa klik disini untuk cara cepatnya. Letakkan kode swift pada bagian depan, kemudian diikuti nomor rekening bank yang dituju.  

  1. Western Union 

Western Union merupakan layanan transfer uang favorit masyarakat yang sudah beroperasi di 200 negara yang ada di seluruh dunia. Untuk layanan transfer, Western Union menerapkan model berjenjang, sehingga semakin besar uang yang ditransfer, maka semakin mahal pula biaya jasanya. 

Misalnya, untuk mengirim uang ke luar negeri di bawah Rp750.000,00, biaya layanan yang dikenakan sebesar Rp100.000,00. Sementara itu, untuk pengiriman uang dengan nominal Rp56.250.000 atau lebih, biaya layanan yang harus dibayar bisa mencapai Rp2.500.000,00.  

  1. Paypal

Selain pengiriman uang melalui ATM atau Western Union, kamu juga bisa menggunakan Paypal. Paypal merupakan metode transfer uang yang banyak digunakan oleh pengguna yang bergerak di bidang bisnis digital.  

Sebagian besar toko online yang ada di luar negeri biasanya menerima pembayaran menggunakan Paypal. Untuk melakukan transaksi pembayaran atau transfer ke toko online yang dituju, Paypal biasanya menerapkan sejumlah biaya.  

Sementara itu, untuk transaksi secara personal biasanya Paypal tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis. Hanya saja, kurs yang diterapkan dalam transaksi melalui Paypal terbilang mahal dibandingkan kurs yang diterapkan oleh bank atau layanan jasa transfer lainnya.  

  1. Jasa Pengiriman Uang 

Belakangan ini, banyak perusahaan di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman uang mulai dari jasa transfer antar bank, jasa remitansi, hingga jasa pengiriman uang ke luar negeri. Salah satu jasa pengiriman uang yang recommended dan terpercaya yaitu layanan Flip Globe.  

Flip Globe merupakan salah satu layanan yang disediakan Flip untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pengiriman uang antar bank dalam negeri tanpa dikenakan biaya admin. Untuk saat ini, ada 3 pilihan biaya layanan transfer uang ke luar negeri.  

Untuk pengiriman uang dari Indonesia ke Malaysia, biaya yang dikenakan sebesar Rp45.000,00. Sementara itu, untuk transfer uang ke India, Filipina, dan Korea akan dikenakan biaya Rp50.000,00 dan Rp65.000,00 untuk kirim uang ke Jepang serta negara lainnya.  

Sebagai penyedia layanan terpercaya yang sudah terbukti kredibilitasnya, Flip menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan transaksi pengiriman uang tanpa ribet. Proses transaksi keuangan yang kamu lakukan juga bisa lebih cepat dan efisien dengan cara klik https://flip.id/remittance. 

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi