Koperasi : Pengertian, Makna Logo, Tujuan, Peran dan Jenis

Mungkin Anda pernah mendengar kata koperasi sebelumnya dan bertanya-tanya, apa sebenarnya koperasi itu? Jadi, koperasi adalah sebuah badan usaha yang sengaja dibuat dengan asas yang mengedepankan kekeluargaan untuk mengelola operasionalnya.

Prinsip yang  dianut oleh koperasi sendiri adalah ekonomi kerakyatan yang bertujuan agar seluruh anggotanya sejahtera. Nah, keuntungan yang dihasilkan oleh badan ini nantinya akan diorganisir demi kemajuan operasional koperasi dan hasilnya dibagikan kepada semua anggotanya yang masih aktif.

Pengertian Koperasi

Jika diartikan secara umum, koperasi adalah sebuah badan usaha yang kepemilikan serta pengelolaannya dilakukan oleh semua orang yang menjadi anggotanya. Namun, setiap ahli mempunyai pengertiannya masing-masing untuk mendefinisikan apa itu koperasi, berikut penjelasannya :

  1.     Muhammad Hatta

Koperasi merupakan hasil dari usaha yang dilakukan secara bersama-sama untuk memperbaiki dan juga meningkatkan taraf ekonomi setiap anggotanya dengan berpedoman pada tolong menolong.

  1.     Arifinal Chaniago

Koperasi merupakan sebuah perkumpulan antara banyak orang yang kemudian saling bekerja sama untuk menjalankan usaha dengan cara kekeluargaan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi para anggotanya.

Dalam sifat pengelolaannya, semua anggota yang tergabung dalam koperasi bisa untuk mengakses keluar dan masuk secara bebas.

  1.     Munkner

Koperasi merupakan sebuah organisasi dengan asas tolong menolong. Semua orang yang tergabung saling mengorganisir dengan istilah ‘urusniaga’ yang dilakukan secara berkelompok.

Adapun tujuan dari koperasi sendiri adalah berupaya untuk meningkatkan taraf ekonomi anggotanya dengan asas saling bergotong royong agar segala kebutuhan sosial anggotanya terpenuhi.

  1.     UU Nomor 25 Tahun 1992

Sementara menurut UU yang menjelaskan tentang Perkoperasian disebutkan bahwasannya koperasi merupakan badan usaha yang mempunyai anggota dengan segala kegiatannya berlandaskan pada prinsip koperasi.

Hadirnya koperasi juga menjadi penggerak untuk ekonomi rakyat dengan sifat yang kekeluargaan. Sementara arti dari kata perkoperasian merupakan segala hal yang ada kaitannya dengan kehidupan koperasi.

pengertian dan peran koperasi

Makna dan Logo Koperasi

Sebagai gerakan masyarakat yang berasaskan tolong menolong dan kekeluargan, koperasi memiliki logo dengan interpretasi makna mendalam. Ya, logo dalam koperasi menjadi ciri-ciri khas operasional koperasi itu sendiri, seperti apa logo koperasi itu sendiri dan interpretasinya?

  1. Rantai menginterpretasikan sebuah jalinan persahabatan yang sangat kuat.
  2. Roda bergigi menginterpretasikan sebuah kerja keras yang dilakukan dengan terus menerus.
  3. Kapas dan padi mempunyai makna tentang rakyat yang bisa makmur dengan hadirnya koperasi.
  4. Timbangan menginterpretasikan adanya keadilan sosial yang menjadi asas berdirinya koperasi.
  5. Bintang yang ada di dalam perisai melambangkan bahwasannya Pancasila adalah landasan idiil dari kehadiran koperasi.
  6. Pohon beringin menginterpretasikan sifat masyarakat Indonesia dan kepribadiannya yang sangat kokoh berakar.
  7. Warna merah putih dalam logo menginterpretasikan bahwasannya warna tersebut merupakan sifat nasional dari negara Indonesia

Tujuan, Prinsip dan Asas Pendirian Koperasi

Koperasi tidak hadir begitu saja, ada beberapa tujuan yang membuat badan usaha ini dibentuk. Selain memiliki tujuan, koperasi juga memiliki prinsip dan asas yang melandasinya, apa sajakah itu?

Jadi, menurut UU no. 25 yang dikeluarkan pada tahun 1992 menjelaskan tentang tujuan dari koperasi, di antaranya adalah :

  • Dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota yang tergabung
  • Dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat yang ada di sekitar, dan
  • Dapat berkontribusi untuk menata perekonomian negara

Sementara untuk prinsip yang mendasari koperasi sendiri adalah :

  • Harus ada aturan mengenai keanggotaan badan usaha yang berasaskan pada sifat sukarela.
  • Memiliki peraturan yang setara tentang hak di antara seluruh anggota
  • Mempunyai ketentuan mengenai partisipasi seluruh anggotanya ketika melaksanakan usaha koperasi.
  • Memiliki ketentuan mengenai porsi perbandingan yang setara pada hasil usaha yang nantinya dihasilkan dengan disesuaikan pada pemanfaatan jasa koperasi seluruh anggotanya.

Adapun asas yang harus ditekankan oleh koperasi sendiri adalah :

  • Kekeluargaan
  • Keadilan Sosial
  • Demokrasi Ekonomi
  • Kebersamaan
  • Mandiri

Peran Koperasi

Kehadiran koperasi sangat berperan penting dalam perekonomian negara ini sebab secraa tidak langsung, badan usaha ini menggerakan roda ekonomi anggota dan masyarakatnya. Berikut adalah peran penting dari kehadiran koperasi :

  1. Mengurangi Tingkat Pengangguran

Membantu orang-orang yang sangat butuh dengan pekerjaan sebab hadirnya badan usaha ini bisa digunakan untuk mendirikan bisnis salah satu anggotanya. Ketika finansial bisnis sudah ada, maka bisnis akan merekrut orang dan pada akhirnya meningkatkan lowongan pekerjaan.

  1. Mengembangkan Kegiatan Usaha yang Dilakukan Oleh Masyarakat

Koperasi yang berusaha di bidang alat-alat pertanian akan memudahkan kegiatan para petani lokal dalam menjalankan mata pencahariannya. Para petani tidak perlu membeli kebutuan alat-alat pertanian dengan tarif yang mahal sehingga dana tersebut bisa dialihkan ke operasional lainnya.

  1. Simbol Alat Perjuangan Ekonomi

Sebagaimana salah satu prinsip dari koperasi yakni mempunyai kemandirian, maka peran dari badan usaha ini mampu untuk bersaing dengan jenis usaha lainnya dan kemajuan koperasi mampu untuk meningkatkan taraf ekonomi baik itu bagi seluruh anggota yang tergabung atau masyarakat di sekitar.

  1. Menciptakan Demokrasi Ekonomi

Peran koperasi selanjutnya adalah dimaksudkan untuk menciptakan sebuah demokrasi ekonomi dengan menonjolkan peran aktif dari anggota dan masyarakat dalam pembangunan.

  1. Membangun Tatanan Ekonomi Nasional

Koperasi adalah jantungnya perekonomian bangsa sehingga sangat penting untuk dikembangkan secara bersama-sama. Ketika koperasi diberdayakan dengan benar, maka masyakarat juga ikut diberdayakan dan hal itu turut memberi pengaruh pada tatanan ekonomi negara ini.

Sebagaimana quote Ban Ki Moon yang menyatakan bahwa “Peran koperasi adalah membawa dunia menjadi lebih baik karena bisa mengembangkan ekonomi dan integrasi sosial”.

Jenis-jenis Koperasi

  1.     Koperasi Primer

Koperasi primer merupakan sebuah badan usaha yang sengaja didirikan oleh seorang individe. Anggota yang tergabung dalam koperasi primer setidaknya berjumlah 20 orang.

Koperasi jenis primer bukan mengumpulkan modal, namun lebih ke mengumpulkan orang yang mempunyai kesamaan dalam hal kepentingan ekonomi, contoh Koperasi Usaha Desa (KUD)

  1.     Koperasi Produksi

Pengertian dari koperasi produsen adalah badan usaha  yang berupaya dalam memberikan pelayanan di bidang pengadaan alat-alat produksi.

Koperasi ini biasanya diisi oleh para para pengusaha UMKM yang menjalankan berbagai kegiatan usaha dengan menyediakan bahan baku untuk membantu para anggotanya.

  1.     Koperasi Konsumsi

Sesuai dengan namanya, yakni konsumsi, maka jenis koperasi bergerak di bidang yang melayani penyediaan barang kebutuhan primer. Kegiatan utama yang dijalankan oleh koperasi jenis ini adalah membeli barang lalu menjualnya lagi sehingga peran koperasi lebih seperti ke distributor.

  1.     Koperasi Simpan Pinjam

Jenis koperasi satu ini biasa disebut dengan nama koperasi kredit karena menyediakan sejumlah dana untuk para anggotanya yang ingin menyimpan atau meminjam uang.

Jenis koperasi ini memiliki tujuan untuk membantu para anggotanya yang ingin berbisnis atau meningkatkan taraf ekonominya dengan memberikan suku bunga yang ringan.

Ketika Anda tertarik untuk mendirikan sebuah koperasi, baik itu jenis simpan pinjam , primer atau konsumen, dalam pelaksanaan operasionalnya, pasti Anda akan melakukan banyak transaksi. Tidak semua anggota dalam koperasi memiliki akun rekening bank yang sama.

Transaksi ke antar akun bank yang berbeda bisa membuat Anda mengeluarkan banyak dana tambahan. Itulah mengapa Anda perlu menggunakan salah satu layanan Flip, yaitu bigflip.id agar tidak ada tambahan biaya administrasi saat melakukan transaksi.

 

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi