Mengelola Bisnis Online dengan Modal Kecil untuk Pemula

memulai bisnis online

Sumber : Envato.com

Banyak orang ingin memiliki bisnis sendiri, tetapi sering terkendala modal awal yang dibutuhkan—mulai dari modal untuk membeli material produksi, membayar gaji karyawan, menyewa gedung, hingga menyiapkan biaya pemasaran.

Akan tetapi, kendala tersebut bisa diminimalkan dengan bisnis online. Ada banyak jenis bisnis online yang dapat dijalankan dengan modal kecil dan cocok bagi pemula. Jika ditekuni, hasilnya pun tak kalah menguntungkan.

Besarnya Potensi Bisnis Online

besarnya potensi bisnis online

Sumber : Envato.com

Dari tahun ke tahun, dinamika bisnis online menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dikutip dari Kontan, transaksi e-commerce mengalami kenaikan 26%, khususnya selama pandemi. Selain transaksi harian yang meningkat mencapai 4,8 juta, jumlah konsumen baru juga bertambah hingga 51%.

Dari data tersebut juga ditemukan banyak pelaku bisnis yang kini mulai go digital untuk merangkul pasar yang lebih luas. Ini bukan keputusan yang tak berdasar. Menurut Katadata yang melansir survei We Are Social pada April 2021, sekitar 88,1% pengguna internet yang tinggal di Indonesia menggunakan e-commerce untuk berbelanja.

Lebih lanjut, penjualan e-commerce di Indonesia juga diproyeksikan menjadi paling besar di Asia Tenggara pada 2021, jauh melebihi negara-negara lain. Dari perkiraan transaksi e-commerce sebesar US$ 45,07 miliar yang dilakukan di berbagai wilayah di Asia Tenggara, hampir separuhnya berasal dari Indonesia. 

Berdasarkan informasi tersebut, jelas bahwa potensi bisnis online di Indonesia sangat besar. Karena itu, memulai bisnis online, terutama pada masa sekarang, merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan keuntungan maksimal. 

Ragam Bisnis Online yang Populer

ragam bisnis online yang populer

Sumber : Envato.com

Ada beragam jenis bisnis yang bisa dikelola secara online. Produk atau jasa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat pasti menjanjikan keuntungan yang lebih besar. Nah, apa saja jenis bisnis online 2021 yang populer sekaligus potensial saat ini?

  • Kursus Online

Kursus online merupakan bisnis yang semakin mencuat, terutama saat pandemi. Ketika mobilitas terbatas, banyak orang menghabiskan waktu untuk belajar dan menambah keahlian dengan mengikuti berbagai kursus online di rumah. 

Jika memiliki keahlian tertentu, seperti coding, blogging, berbahasa asing, fotografi, melukis, bahkan crafting, kamu bisa berbagi kepada orang lain serta mendapat keuntungan melalui bisnis kursus online. Bisnis akan makin berkembang jika kamu bisa menyediakan kursus yang dibutuhkan masyarakat. 

  • Dropship

Dropship merupakan jenis bisnis online tanpa modal dan paling mudah dikelola. Konsep bisnis ini adalah mencari produk dari pemasok dengan harga yang paling murah, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal. Keuntungan didapatkan dari selisih harga tersebut.

Untuk mengembangkan bisnis dropship, kamu perlu melakukan survei dan penelitian terhadap tren kebutuhan konsumen. Jika pandai memprediksi produk yang diminati oleh pasar, kamu bisa melakukan penjualan dengan jumlah yang tinggi.

  • Menjual Jasa

Bisnis menjual jasa cukup populer dan potensial dari dulu hingga sekarang. Jasa yang berhubungan dengan pembuatan website, misalnya, sangat banyak dicari. Sebut saja membangun website, mendesain, hingga mengelolanya supaya bisa memberikan manfaat maksimal bagi pemiliknya.

Contoh jasa lain yang bisa dikembangkan sebagai bisnis online adalah membuat logo, membuat desain rumah, atau merancang desain kemasan produk. Jika jasa yang kamu tawarkan disukai pemesan, order akan mengalir dengan lancar. 

  • Bisnis Musiman

Bisnis musiman adalah bisnis yang menguntungkan pada saat-saat tertentu. Momentum merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam menjalankan bisnis ini. Menjelang akhir tahun misalnya, kamu bisa menjual kalender atau agenda tahunan. 

Kamu juga bisa menjual berbagai pernak-pernik Natal karena Desember identik dengan perayaan hari raya umat Kristen tersebut. Hal yang sama bisa dilakukan pada raya lain, misalnya saat Idul Fitri. Bukan rahasia lagi, bisnis jual beli kue lebaran sangat potensial dan menjanjikan. 

Modal yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu besar. Kamu bisa memproduksi sendiri atau menjadi reseller. Sebaiknya pilihlah produk dari pelaku bisnis online tepercaya yang menawarkan kualitas terbaik sehingga tidak mengecewakan pelanggan.

Kendala Pebisnis Online Pemula

kendala pebisnis online pemula

Sumber : Envato.com

Meskipun terlihat sederhana, mengelola bisnis online tak terlepas dari sejumlah kendala. Namun, jika kamu terpaku pada kendala yang ada, akan sangat sulit untuk mengembangkan bisnis, bahkan memulainya. Yuk, kenali dulu apa saja kendala yang mungkin dihadapi pelaku bisnis online pemula berikut ini.

  • Modal Terbatas

Jika modal yang dimiliki terbatas, pilihan yang kamu miliki adalah menjalankan bisnis tanpa modal atau modal kecil. Namun, kamu juga bisa berkolaborasi dengan pemilik modal untuk mengembangkan bisnis. Syaratnya, kamu harus bisa membuat pemilik modal tertarik dengan proposal bisnis yang diajukan.

  • Sulit Kelola Keuangan

Berapa pun modal yang kamu miliki, jika tidak dikelola dengan baik, maka akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis tersebut. Pengeluaran yang tidak terkontrol dan tidak tercatat sering menjadi penyebab masalah dalam menjalankan bisnis. Bahkan, strategi yang tidak efektif dalam mengatur keuangan juga dapat membuat bisnis jalan di tempat.

  • Tidak Paham Teknologi

Saat ini, teknologi berkembang sangat pesat. Teknologi dapat memudahkan dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Bahkan, jika digunakan dengan tepat, teknologi bisa meningkatkan potensi keuntungan yang didapatkan dari bisnis. Tidak paham teknologi bisa menjadi kendala besar dalam mengembangkan bisnis.

Tips Mengatur Keuangan dalam Bisnis Online

tips mengatur keuangan bisnis online

Sumber : Envato.com

Mengatur keuangan dengan baik merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh pebisnis pemula. Untuk mengatur keuangan, ada beberapa tips praktis yang bisa kamu lakukan.

  • Lakukan Perencanaan

Perencanaan adalah langkah awal yang tidak boleh dilupakan dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan perencanaan anggaran yang baik, kamu tidak akan mengambil keputusan yang dapat merugikan usaha. Buatlah perencanaan yang masuk akal dan bisa dijalankan supaya tidak memberatkan pada kemudian hari.

  • Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Jangan lupa untuk selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis dengan teliti. Hasil catatan tersebut bisa digunakan untuk menganalisis perkembangan usaha. Dengan catatan yang baik, kamu juga mengetahui jumlah pemasukan yang diterima serta bisa memotong pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu.

  • Manfaatkan Aplikasi untuk Menghemat Anggaran

Download aplikasi Flip di smartphone kamu untuk menghemat pengeluaran. Flip adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan transfer uang dari satu bank ke bank lain tanpa biaya admin. Biaya admin yang seharusnya kamu bayar bisa digunakan untuk keperluan bisnis lainnya.

Nah, inilah sejumlah hal yang perlu kamu ketahui tentang bisnis online, khususnya untuk pemula. Meskipun modal terbatas, tidak perlu ragu untuk memulai bisnis. Dengan pengelolaan yang tepat dan aplikasi pendukung, kamu bisa menjadikan bisnis online lebih menguntungkan.

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi