Mengenal Lebih Jauh Tentang Deposito, Jenis-Jenis Deposito, Keuntungan & Ciri-Cirinya

Memiliki masa depan yang adalah harap setiap orang, oleh sebab itu Anda harus mempersiapkannya jauh-jauh hari. Agar Anda dapat lebih santai dan menikmati hidup dihari tua maka harus mulai melakukan investasi dari pendapatan yang Anda miliki.

Investasi dapat dilakukan dengan berbagai hal karena ada begitu banyak jenis-jenis investasi. Anda hanya perlu cermat memilih yang sesuai dengan Anda. Deposito juga merupakan salah satu jenis investasi yang aman karena sangat minim resiko.

Pengertian Deposito

Deposito adalah jenis produk keuangan yang biasanya dikeluarkan oleh pihak bank. Banyak orang-orang yang beranggapan deposito sama dengan tabungan padahal kenyataan hal ini berbeda. Deposito yaitu menyimpan sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu.

Uang yang disimpan dalam deposito tidak dapat ditarik atau dicairkan sewaktu-waktu. Hal ini berbeda dengan uang tabungan yang bisa ditarik kapanpun Anda membutuhkannya. Pencairan deposito baru bisa dilakukan ketika sudah mencapai tanggal jatuh tempo.

Pemilik deposito akan mendapatkan bunga dari uang yang didepositokan setiap bulannya. Bungan tersebut dapat Anda tarik jika Anda ingin menggunakannya. Besar bunga yang didapat dipengaruhi oleh suku bunga yang ditetapkan pada saat itu serta jumlah uang didepositokan.

Apa Saja Jenis-Jenis Deposito?

Bagi Anda yang tertarik untuk investasi dalam bentuk deposito maka Anda perlu tahu jenis-jenis deposito yang umum ditawarkan oleh bank. Berikut merupakan 3 jenis deposito yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Deposito Berjangka

Deposito berjangka bisa juga dikatakan sebagai tabungan berjangka atau cara menyimpan uang dengan jangka waktu tertentu. Jenis deposito ini merupakan deposito yang paling banyak dipilih oleh para nasabah bank.

Anda dapat memilih akan mendepositokan uang tersebut secara jangka pendek, jangka menengah atau bahkan jangka panjang. Deposito jangka pendek yaitu antara 1 hingga 6 bulan, deposito jangka menengah 6-12 bulan dan jangka panjang 12-18 atau bahkan 24 bulan.

Dengan adanya pilihan jangka waktu tersebut maka Anda akan semakin mudah untuk memutuskan jangka waktu yang tetap. Anda dapat memilih jangka pendek jika kemungkinan besar uang tersebut akan Anda gunakan kembali.

  • Deposito On Call

Deposito on call biasanya lebih sering digunakan untuk menyimpan uang dalam jumlah yang cukup besar namun dalam waktu yang singkat. Lama penyimpanan maksimal deposito on call yaitu hanya satu bulan saja. Sedangkan untuk penyimpanan jangka pendek yaitu selama tujuh hari.

Jenis dan ciri Deposit

Menyimpan uang dalam jumlah yang sangat besar tentu tidak mudah karena juga sangat berbahaya. Oleh karena itu, para pebisnis akan lebih memilih deposito on call karena selain uang akan aman juga akan mendapatkan bunga dari deposito tersebut.

  • Sertifikat Deposito

Deposito tidak hanya bisa dilakukan atas nama perorangan namun juga atas nama lembaga atau organisasi. Sesuai dengan namanya, deposito sertifikat hanya akan menyimpan sertifikat berharga dari lembaga atau organisasi tersebut.

Sertifikat yang digunakan untuk deposito nantinya bisa juga dipindahtangankan. Dengan kata lain, sertifikat tersebut dapat diperjualbelikan sehingga kepemilikan sertifikat pun akan berubah.

Keuntungan Deposito

Menyimpan uang dalam bentuk deposito memiliki banyak keuntungan. Di bawah ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari deposito.

  • Aman

Deposito adalah cara paling aman untuk menyimpan uang agar uang tersebut tidak terpakai untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Hal ini dikarenakan Anda tidak bisa mengambilnya sewaktu-waktu sehingga jumlah uang tersebut tidak akan berkurang

  • Minim Resiko

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami kerugian dalam berinvestasi maka deposito adalah pilihan terbaik karena sangat rendah resiko. Deposito cenderung lebih stabil karena berbeda dengan investasi saham yang sangat fluktuatif.

  • Dapat Menyesuaikan Tenor

Kelebihan lain dari deposito yaitu Anda dapat memilih tenor sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin menyimpan uang lebih lama maka tingga memilih tenor jangka panjang dan sebalik.

  • Dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Anda tidak perlu khawatir jika akan mendepositokan uang dalam jumlah yang sangat banyak karena telah mendapatkan jaminan dari LPS. Jaminan yang diberikan LPS mencapai hingga 2 milyar rupiah.

  • Mendapatkan Bunga

Keuntungan yang tidak kalah menyenangkan dari deposito yaitu mendapatkan bunga. Semakin banyak jumlah uang yang Anda depositokan maka semakin tinggi pula bunga yang akan Anda dapatkan.

Ciri-Ciri Deposito

Deposito mempunyai sejumlah ciri khas yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui apa saja ciri khas yang dimiliki deposito maka akan memudahkan Anda untuk memahaminya. Silahkan simak ciri-ciri deposito di bawah ini.

  • Setoran Minimal

Untuk bisa mengikuti investasi deposito terlebih dahulu Anda harus menjadi nasabah bank. Selanjutnya, Anda harus memenuhi setoran awal deposito yang ditentukan oleh bank. Jumlah setoran awal ini berbeda-beda karena setiap bank memiliki kebijakan masing-masing.

  • Pencairan Dana

Pencairan dana harus sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati. Jika Anda ingin mencairkan dana lebih cepat dari waktu yang disepakati maka Anda akan dikenakan penalty. Ketentuan tersebut sudah dimuat dalam perjanjian pada saat Anda melakukan deposito.

Agat hal ini tidak menimpa Anda maka pikir matang-matang terlebih dahulu ketika akan menentukan jangka waktu deposito. Dengan demikian, Anda dapat menghindari resiko penalty karena ingin mencairkan dana di luar tanggal kesepakatan.

  • Terkena Pajak

Hal yang harus Anda ketahui dari deposito yaitu akan dikenakan pajak. Umumnya, besar pajak yang dikenakan juga tergantung dari jumlah uang yang didepositokan. Besar pajak yang dibebankan bisa mencapai 20%.

Anda tidak perlu khawatir karena pajak tersebut dapat dibayar menggunakan bunga yang Anda dapatkan setiap bulannya. Dalam hal ini, jumlah uang yang Anda depositokan jumlahnya akan tetap.

  • Bunga Deposito Lebih Tinggi Dari Bunga Tabungan

Ciri deposito lainnya yaitu memiliki bunga yang lebih tinggi dari tabungan. Besar bunga yang diterima dapat dipengaruhi oleh jumlah uang yang didepositokan dan juga lama tenor yang dipilih.

Jika Anda jumlah uang deposito besar dan Anda mengambil tenor jangka panjang maka akan semakin besar pula bunga per bulan yang akan terima.

Agar Anda mempunyai kondisi finansial yang sehat untuk masa depan yang lebih baik maka segeralah untuk mendepositokan uang Anda. Hal ini akan membantu Anda agar tidak tergoda dengan hal-hal konsumtif yang tidak diperlukan.

Mengingat deposito terdiri dari jenis seperti yang telah diulas di atas maka Anda harus memahami ketiga jenis deposito tersebut. Cermat dalam memilih jenis deposito yang sesuai dengan kebutuhan akan semakin memberikan Anda banyak keuntungan.

Selain itu, penjabaran dari keuntungan deposito di atas dapat membantu Anda yang masih ragu untuk melakukan investasi ini. Investasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin mengambil resiko atau tau mengalami kerugian.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan. Semoga artikel ini membantu Anda lebih mudah memahami segala hal yang berhubungan dengan deposito.

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi