Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya

Bagi sebagian karyawan, penghujung tahun adalah waktu yang dinantikan. Selain jatah libur Natal dan tahun baru serta euforia menyambut awal yang baru, bonus akhir tahun menjadi alasannya. Salah satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh perusahaan ini menjadi semacam oase setelah kerja keras yang dilakukan.

Pengertian Bonus Akhir Tahun

Apa itu bonus akhir tahun? Sebagian orang mungkin masih cukup awam dengan istilah ini, terutama bagi individu yang baru memasuki dunia kerja.

Seperti namanya, bonus akhir tahun merupakan bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya atas kinerjanya di penghujung tahun. Pembayaran ini berbeda dan tidak memiliki korelasi dengan gaji. Adapun bonus ini umumnya diberikan dalam bentuk uang dengan jumlah yang bervariasi sesuai perhitungan tertentu.

cara hitung bonus akhir tahun untuk karyawan

sumber : freepik.com

Walau begitu, pemberian jenis bonus ini bukanlah kewajiban perusahaan. Pada dasarnya, Undang-Undang Ketenagakerjaan tidak mengatur secara spesifik tentang pembayaran ini. Kendati begitu, apabila perjanjian yang disepakati perusahaan dan karyawan memuat substansi ini, maka wajib bagi perusahaan untuk memenuhinya sesuai kesepakatan.

Biasanya, ketentuan mengenai bonus telah dijelaskan dan disepakati di awal masa kerja. Hal ini pun dapat menjadi motivasi tersendiri bagi karyawan untuk memenuhi kewajibannya sebaik mungkin.

Cara Menghitung Bonus Akhir Tahun

Bagaimana cara menghitung bonus akhir tahun? Pertanyaan tersebut hingga kini pun masih banyak terbesit di benak karyawan—bahkan meski telah bekerja selama beberapa waktu sekalipun.

Setiap perusahaan memiliki perhitungan dan metodenya masing-masing. Sebagian perusahaan mencantumkan besaran bonus akhir tahun dalam AD/ART-nya, yakni x% dari laba perusahaan setelah dikurangi laba ditahan. Sebagian lainnya membagikan bonus ini secara proporsional, yakni dibagi dengan seimbang berdasarkan kinerja karyawan.

menghitung bonus karyawan

sumber : freepik.com

Selain itu, masih ada sebagian lainnya yang menggunakan rumusan tertentu berdasarkan masa kerja, jabatan, departemen, gaji, dan surat peringatan. Untuk metode ini, berikut rumusan umum yang digunakan:

Bonus Tahunan  = Poin Masa Kerja x Departemen x Level Jabatan x Gaji x Sanksi Surat Peringatan

Lebih lanjut, di bawah ini adalah penjelasan masing-masing variabel rumusan di atas.

  • Poin Masa Kerja

Variabel ini memuat lamanya masa kerja yang telah ditempuh oleh karyawan.

Masa KerjaPoinKeterangan
< 1 tahunProrataRumus prorata = lama kerja (dalam bulan) x gaji : 12
1 – 2 tahun90%Tanggal masuk – akhir tahun
2 – 4 tahun100%Tanggal masuk – akhir tahun
4 – 6 tahun110%Tanggal masuk – akhir tahun
6 – 8 tahun120%Tanggal masuk – akhir tahun
8 – 10130%Tanggal masuk – akhir tahun
>10 tahun140%Tanggal masuk – akhir tahun
  • Departemen

Variabel ini membagi departemen berdasarkan tinggi-rendahnya risiko.

DepartemenPoinKeterangan
Produksi120%Berat
Non-Produksi110%Sedang
Supporting10%Ringan
  • Level Jabatan

Variabel ini membagi level jabatan berdasarkan ranah tanggung jawab yan diemban.

LevelPoin
Manajerial120%
Supervisor100%
Staf80%
  • Sanksi Surat Peringatan

Variabel ini berisi poin yang disesuaikan dengan Surat Peringatan (SP) yang pernah atau sedang diterima oleh karyawan.

SanksiPoin
Tanpa Sanksi100%
SP 190%
SP 280%
SP 370%
Skorsing 3 bulan60%
Skorsing 6 bulan50%

Agar lebih memahami perhitungan bonus akhir tahun, perhatikan ilustrasi berikut.

Fulan merupakan karyawan dengan masa kerja selama 3,5 tahun sebagai supervisor di divisi produksi dengan gaji per bulan sebesar Rp12.000.000,00. Selama ini, dia belum pernah menerima sanksi apa pun.

Berdasarkan keterangan tersebut, dapat diketahui bahwa:

  • masa kerja    = 3,5 tahun      = 100%
  • departemen  = produksi       = 120%
  • jabatan          = supervisor     = 100%
  • sanksi            = tanpa saksi   = 100%
  • gaji                 = Rp12.000.000

Dengan demikian, besarnya bonus akhir tahun yang diterima oleh Fulan adalah Rp14.400.000,00.

Demikianlah informasi mengenai pengertian bonus akhir tahun berikut cara untuk menghitungnya. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, kebijakan masing-masing perusahaan boleh jadi berbeda—termasuk nilai untuk masing-masing variabel yang ditentukan. Oleh sebab itu, untuk mengetahui informasi yang lebih pasti, karyawan dapat menanyakannya pada pihak Human Resource (HR).

aplikasi flip transfer antar bank tanpa biaya admin

Nah, apakah kamu sendiri termasuk karyawan yang berkesempatan untuk memperoleh bonus akhir tahun di kantong? Kalau ya, hmm… bisa jadi kamu pun kini sudah tak sabar untuk sampai ke penghujung tahun.

Kendati begitu, usahakan untuk tetap bijak saat menggunakan bonus yang dinanti-nanti ini, ya. Godaan self reward apalagi ditambah diskon akhir tahun yang bombastis bisa jadi godaan tersendiri. Namun, alih-alih menghabiskannya dalam sekejap untuk hal-hal yang kurang perlu, ada baiknya kamu mengalokasikannya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Pun jika harus menyisihkan bonus akhir tahun untuk berbagai kepentingan ke rekening lain—seperti saat membayar belanjaan di e-commerce, transfer uang ke keluarga, mengisi saldo tabungan di rekening bank lain, dan sebagainya—pastikan kamu menggunakan Flip, ya.

Aplikasi transfer uang antrabank gratis ini memungkinkanmu mengirim uang ke lebih dari 100 bank tujuan berbeda tanpa biaya admin. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih menghemat jerih payah yang sudah kamu lakukan.

 

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi