Pengertian Manajemen Keuangan Beserta Manfaatnya Lengkap

Definisi dari manajemen keuangan adalah bagaimana seseorang mengendalikan dan mengelola finansialnya dengan bijak dan cermat menggunakan prinsip yang ada.

Manajemen keuangan atau bisa juga disebut dengan financial management adalah segala hal tentang pengelolaan dana, baik untuk individu maupun bisnis.

Ketika seseorang memiliki financial management yang bagus maka ia akan pandai dalam mengatur strategi kebutuhannya, apalagi jika dia adalah seorang pebisnis. Dalam bisnis apapun, management financial adalah hal yang amat penting untuk diperhatikan.

Definisi Manajemen Keuangan Menurut Ahli

Istilah financial management mengacu pada pengelolaan uang (dana) yang efisien dan efektif sedemikian rupa untuk mencapai tujuan individu atau bisnis. Beberapa ahli mencoba memberikan beberapa definisi mengenai financial management, di antaranya adalah :

  1.     Sartono

Financial management merupakan hal yang berkaitan dengan manajemen dana entah itu untuk dialokasikan sebagai investasi atau dikumpulkan dengan tujuan dibelanjakan secara efisien.

  1.     K.D. Willson

Financial management adalah proses merencanakan, mengelola, mengendalikan dan mengevaluasi segala hal terkait dengan fungsi keuangan.

  1.     Joseph Massie

Financial management adalah kegiatan operasional bisnis bertujuan untuk menghasilkan uang dengan melakukan pengelolaan yang bisnis yang efisien.

  1.     Howard & Opton

Financial management dapat didefinisikan sebagai area atau sekumpulan fungsi administratif dalam suatu bisnis yang berkaitan dengan pengaturan kas dan kredit sehingga perusahaan dapat memiliki sarana untuk melaksanakan tujuannya dengan  sebaik mungkin.

Manfaat Mempelajari Manajemen Keuangan

Memastikan bahwa bisnis Anda terus berfungsi dengan baik untuk mencapai hasil yang optimal di akhir amat penting untuk dilakukan. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mau mempelajari financial management, di antaranya :

  1.     Membantu Kesehatan Keuangan pada Bisnis

Manajemen finansial membantu mencapai sebagian besar tujuan perusahaan. Dengan financial management, maka pemilik bisnis bisa mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kesehatan keuangan perusahaannya.

Manajemen Keuangan

Financial management pada dasarnya membantu perusahaan mengelola keuangan bisnis dengan sehat dan mendapatkan keuntungan tinggi.

  1.     Menjaga Likuiditas Bisnis Tetap Aman

Baik untuk membeli inventaris, bahan mentah, membayar gaji, atau menangani persyaratan keuangan lainnya, dana yang dapat dicairkan memainkan peran paling penting dalam bisnis apapun.

Meskipun kas adalah sumber terbaik untuk pemeliharaan likuiditas yang tepat, dalam operasional bisnis pasti akan ada permintaan untuk aset likuid tidak terduga.

Nah, dengan financial management, maka pebisnis dapat mengatur aset likuid sedemikian rupa sehingga bisnis tidak menghadapi kelangkaan dana di titik mana pun.

  1.     Membantu Perencanaan Keuangan

Financial management membantu perencanaan dan anggaran untuk berbagai kebutuhan. Dengan mempelajari financial management, maka Anda akan terbantu untuk membuat pos demi pos keuangan dalam bisnis.

Apakah uang yang ada ingin digunakan mengembangkan manajemen atau untuk investasi. Dengan mempelajari financial management, maka seorang pemilik bisnis tidak akan kesulitan dalam merencanakan keuangan.

Perencanaan dalam financial management juga membantu dalam mengendalikan biaya modal perusahaan dan tidak membiarkan neraca menjadi terlalu banyak dimanfaatkan dengan hutang, yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada perusahaan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

  1.     Menentukan Kapan Waktu yang Tepat untuk Memutuskan Investasi

Ketika pemilik bisnis ingin berinvestasi, maka diharuskan baginya untuk melakukan evaluasi tentang risiko yang dihadapi, berapa biaya modal yang nantinya akan perusahaan terima dan berapa perkiraan profit yang nantinya didapatkan ketika mulai berinvestasi.

Nah, semua itu bisa dilakukan jika Anda sebagai pemilik bisnis memiliki manajemen keuangan yang bagus. Anda selaku pemilik bisnis harus mengetahui tentang di mana, kapan, dan bagaimana cara berinvestasi.

Financial management ini amat penting untuk menganggarkan biaya modal yang disesuaikan dengan alokasi dana dan operasional bisnis supaya investasinya mampu menghasilkan banyak profit di masa yang akan datang.

  1.     Memberi Keputusan Mengenai Keuangan Perusahaan

Financial management memiliki ruang lingkup untuk memberikan perhatian yang tajam terhadap apa yang terjadi di pasar dan seberapa tinggi atau rendah kinerja saham perusahaan agar bisa memberi keputusan yang tepat pada keuangan perusahaan.

Financial management akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan strategi terbaik tentang pengalokasian dana sehingga struktur finansial pada perusahaan tidak mengalami kerugian.

  1.     Memutuskan Pembagian Tentang Saham

Ruang lingkup financial management selanjutnya adalah membuat peraturan mengenai persentase pembagian dividen bisnis. Pembagian harus dilakukan dengan sama rata agar tidak saling merugikan.

Nah, semua ini bisa diatur dengan seadil mungkin selama ada financial management yang tercatat dengan baik. Manajemen finansial juga bisa digunakan untuk menghitung keuangan bisnis di masa yang akan datang.

Contoh Manajemen Keuangan yang Baik

Prinsip umum financial management adalah menghasilkan uang, menabung, menginvestasikan uang, menumbuhkan aset Anda, dan melindungi aset Anda. Ada dua jenis manajemen finansial yakni  pribadi dan bisnis.

Baik manajemen keuangan pribadi atau bisnis, keduanya sama-sama menyeimbangkan arus pendapatan dan pengeluaran uang satu sama lain. Adapun perbedaannya untuk manajemen finansial bisnis adalah ada pedoman yang harus dipatuh.

Anda  harus mematuhi pedoman yang memberikan kerangka untuk hal-hal seperti perencanaan keuangan, pembagian dividen, aset likuiditas dan lain sebagainya. Sementara manajemen finansial untuk pribadi tidak ada pedoman yang harus dipatuhi karena Anda sendiri yang menanggung risiko.

Kemudian untuk financial management bisnis, Anda biasanya akan mengevaluasi semua pengeluaran sebagai “investasi”, jadi setiap pengeluaran harus memiliki laba atas investasi.

Dalam kehidupan pribadi, Anda mungkin menghabiskan uang untuk hal-hal yang yang hanya memenuhi keinginan yang sifatnya impulsif. Bagaimana cara menghindarinya?

  1. Hemat
  2. Beli apapun ketika sudah mendesak
  3. Selalu catat pengeluaran sekecil apapun itu
  4. Batasi pengeluaran harian
  5. Selalu membuat laporan keuangan harian

Ya, tips manajemen finansial pribadi yang perlu dilakukan adalah berhemat. Nah, salah satu bentuk penghematan adalah dengan mengatur pengeluaran yang sifatnya kecil-kecil seperti biaya admin ketika belanja online atau transfer uang ke antar rekening bank.

Semakin banyak Anda melakukan transfer ke banyak bank atau uang digital, semakin banyak biaya admin yang akan ditanggung dan hal itu bisa membuat Anda hidup lebih boros.

Sebagaimana sebuah quotes yang menyatakan “Hidup yang nyaman adalah ketika ada tujuan yang ditetapkan dan direalisasikan sejak sedini mungkin.” Jika ingin sukses, maka harus berhemat!

Adapun salah satu output penting dari manajemen keuangan sendiri adalah mampu membuat sebuah laporan keuangan yang rapi dan tersistematis. Bagaimana caranya? Berikut contoh laporan keuangan (pribadi, bisnis) yang bisa dicermati.

Contoh laporan keuangan pribadi :

NomorTanggalKeteranganDebetKreditSaldo
113-5-2021Saldo awalRp 3.000.000Rp 3.000.000
214-5-2021Belanja bulananRp 350.000Rp 2.650.000
315-5-2021Beli sabunRp 50.000Rp 2.600.000
JumlahRp 3.000.000Rp 400.000Rp 2.600.000

Contoh laporan keuangan bisnis restoran :

NomorKeteranganDebetKredit
1KasRp 17.000.000
2Gaji karyawanRp 3.000.000
3Piutang sewaRp 1.000.000
4Bahan habis pakaiRp 200.000
JumlahRp 13.800.000

Manajemen keuangan merupakan salah satu hal yang berperan penting pada seseorang atau sebuah bisnis untuk mencapai target yang diinginkan. Jika ada target yang ingin sekali dicapai, maka harus ada manajemen finansial yang bagus dengan dibuktikan oleh laporan keuangan yang tersistematis.

 

 

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi