Pilihan Layanan Transfer Uang Dalam dan Luar Negeri, Mudah dan Aman!

Transfer uang memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian orang, apalagi di era digital seperti saat ini. Untuk transfer ke sesama bank tentunya tidak ada masalah karena tidak dikenakan biaya admin. Namun, bagaimana untuk transaksi kirim uang ke bank yang berbeda?

Untuk transfer beda bank biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp6.500,00. Beberapa orang mungkin tidak terlalu mempermasalahkan biaya tersebut karena sudah menjadi kebutuhan, namun jika sering transfer tentunya cukup memberatkan.

Mengenal Transfer dan Mekanismenya

Transfer uang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh bank untuk memindahkan atau mengirimkan sejumlah uang atau dana dengan nominal tertentu sesuai dengan perintah pengirim yang ditujukan kepada pihak penerima.

Dengan adanya layanan transfer, pengguna atau nasabah bank dapat menghemat waktu karena proses pengiriman uang dilakukan dalam waktu yang cepat. Dalam transaksi transfer, ada beberapa pilihan cara atau mekanisme antara lain sebagai berikut.

1.   Transfer Melalui Setoran Tunai di Bank

Transfer melalui teller bank memang menjadi opsi sebagian orang yang belum terlalu paham tentang aplikasi mobile banking atau internet banking. Semua bank telah menyiapkan petugas teller yang siap membantu melayani masyarakat sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu bank yang menyediakan layanan transfer melalui teller yaitu Bank BNI. Sebagai salah satu bank terkemuka yang ada di Indonesia, BNI melayani pengiriman uang baik sesama bank maupun berbeda bank.

Beberapa syarat yang perlu dibawa saat melakukan transfer di antaranya kartu ATM, buku tabungan, KTP yang masih berlaku. Berikut ini langkah-langkah mengirim uang baik sesama bank maupun bank yang berbeda.

  • Datanglah ke kantor cabang BNI terdekat, kemudian ambil nomor antrian yang telah disediakan.
  • Ambil formulir transfer dan isi secara lengkap sambil menunggu nomor antrianmu dipanggil.
  • Sampaikan keperluanmu kepada petugas dan serahkan uang yang ingin ditransfer beserta nomor rekening tujuan.

Pada intinya, semua bank menerapkan langkah-langkah di atas. Bagi nasabah BNI, transfer bisa dilakukan langsung dari saldo rekening tabungan. Nasabah juga bisa melakukan transfer ke sesama BNI atau beda bank melalui teller dengan biaya transaksi sebesar Rp5.000,00.

Namun, jika transfer dilakukan ke sesama BNI, maka nasabah tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Bagi kamu yang ingin transfer antar bank dengan BCA, caranya bisa dilihat disini.

2.   Transfer Melalui ATM

Bagi nasabah yang sudah memiliki kartu ATM dan tabungan, transaksi pengiriman uang dapat dilakukan melalui mesin ATM. Cara transfer melalui ATM juga hanya perlu memasukkan kartu ATM dan memasukkan PIN, kemudian tinggal mengikuti prosedur yang tertera di layar mesin ATM.

3.   Transfer Melalui Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi mobile banking merupakan hasil dari pengembangan layanan ATM yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer melalui smartphone.

Transfer Uang

Caranya cukup dengan menginstal aplikasi di smartphone melakukan registrasi terlebih dahulu.

4.   Transfer Melalui Internet Banking

Berbeda dengan cara transfer melalui mobile banking, transfer melalui internet banking dapat dilakukan dengan menggunakan internet untuk mengaksesnya. Prosedur transfer juga hampir sama seperti transfer via mobile banking yaitu dengan registrasi terlebih dahulu lewat mesin ATM.

Cara Menghindari Biaya Transfer Beda Bank

Pemberlakuan biaya admin untuk transaksi transfer bank yang berbeda rupanya menjadi momok bagi banyak orang. Bagi orang-orang yang jarang melakukan transfer mungkin bukan suatu masalah, namun bagi mereka yang sering melakukan transfer, biaya Rp6.500,00 cukup memberatkan.

Salah satu solusi atau cara menghindari biaya transfer beda bank yaitu dengan menggunakan layanan dari aplikasi Flip. Flip menawarkan layanan pengiriman uang secara gratis antar rekening bank yang berbeda seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, BNI Syariah, CIMB Niaga, BTPN, dan lain-lain.

Selain caranya yang mudah dan proses yang cepat, Flip juga memberikan bukti transaksi yang dapat diunduh melalui aplikasi atau email. Transaksi transfer menggunakan Flip juga bisa dilakukan ke siapapun meskipun penerima tidak memiliki akun Flip.

Cara kerja Flip sendiri yaitu menjembatani transaksi interbank di mana pengguna perlu melakukan transfer dengan nominal yang diinginkan ke rekening Flip terlebih dahulu sesuai dengan bank yang kamu miliki.

Setelah itu, pihak Flip akan meneruskan uang yang kamu transfer ke nomor rekening tujuan tanpa dikenakan biaya admin. Ada beberapa pilihan layanan aplikasi Flip antara lain:

  • Layanan Flip merupakan layanan jasa transfer antar bank yang bebas biaya admin.
  • Big Flip merupakan solusi manajemen transfer otomatis dan real-time untuk mengirimkan uang ke puluhan ribu rekening tujuan sehingga sangat cocok untuk perusahaan atau pelaku bisnis.
  • Flip Globe merupakan layanan transfer ke luar negeri secara cepat, mudah, dan biaya admin yang terjangkau yaitu sebesar Rp80.000,00 per transaksi.
  • Flip Link merupakan layanan terima uang dari rekan, kerabat, konsumen, atau siapapun dengan satu link yang sudah dibuat secara khusus untuk satu pengguna.

Pilihan Layanan Transfer Uang ke Luar Negeri

Selain transfer dalam negeri baik ke sesama bank atau antar bank yang berbeda, saat ini banyak orang yang membutuhkan layanan transfer uang ke luar negeri. Ada beberapa rekomendasi layanan pengiriman uang ke luar negeri yaitu sebagai berikut.

1.   Western Union

Western Union (WU) merupakan salah satu rekomendasi layanan pengiriman uang ke luar negeri yang sudah tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. Untuk biaya transfer melalui Western Union, kamu akan dikenakan biaya model berjenjang.

Biaya transfer model berjenjang artinya semakin besar uang yang akan dikirimkan, maka semakin tinggi pula biaya transfer yang harus dibayar. Jadi, ketika kamu ingin mengirimkan uang sebesar Rp750.000,00 ke luar negeri, maka kamu harus membayar biaya layanan sebesar Rp100.000,00.

Sementara itu, bila kamu ingin mengirimkan uang dengan nominal Rp56.250.000,00 atau lebih, biaya layanan yang dikenakan bisa mencapai Rp2.500.000,00. Meski terbilang mahal, banyak orang tetap memilih layanan kirim uang dari WU karena terbukti aman dan terpercaya.

2.   Paypal

Selain Western Union, Paypal juga menjadi salah satu rekomendasi layanan jasa kirim uang ke luar negeri. Metode pengiriman uang ini banyak disukai oleh orang-orang yang bergerak di bidang bisnis digital karena sebagian besar toko di luar negeri menerima pembayaran via Paypal.

Dalam bertransaksi, Paypal memang tidak menerapkan biaya untuk transaksi personal alias gratis. Namun, kurs pada Paypal umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan kurs yang diterapkan pihak bank atau jasa transfer lainnya.

3.   Jasa Pengiriman Uang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di samping transfer melalui bank atau ATM, kamu juga bisa mengirimkan uang ke luar negeri melalui aplikasi penyedia jasa pengiriman uang dengan biaya yang murah. Salah satu layanan transfer ke luar negeri yang recommended yaitu Flip Globe.

Flip Globe menerapkan biaya transfer sama rata (flat) dan bisa digunakan untuk mengirim uang ke 12 negara. Ada 3 pilihan besaran biaya transfer yaitu Rp45.000,00 untuk transfer ke Malaysia, Rp50.000 untuk transfer Filipina, Korea, dan India, serta Rp65.000,00 untuk transfer ke negara lainnya.

Bagi kamu yang ingin transfer uang ke luar negeri dengan biaya admin yang murah, kamu bisa menggunakan layanan Flip Globe melalui link https://flip.id/remittance. Proses pengiriman uang melalui Flip juga terbilang cepat, mudah, dan tentunya aman.

 

 

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi