Apa Itu OVO & Gopay? Simak Cara Daftar & Top Up-nya Di Sini!

Perkembangan teknologi memberikan peradaban baru terhadap masyarakat modern. Para masyarakat modern kini dimanjakan dengan munculnya beragam dompet digital yang memiliki ciri khas masing-masing.

Menariknya, beberapa dompet digital yang digunakan masyarakat dapat diintegrasikan dengan beberapa aplikasi tertentu. Hal ini tentu akan membuat proses transaksi lebih mudah serta dapat diakses selama 24 jam. Terlebih kini semakin mudah untuk mengisi atau top up dompet digital semisal OVO dan GoPay.

Hal menarik lainnya, dompet digital juga memberikan reward kepada penggunanyan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan dapat digunakan untuk belanja.

Mengenal OVO & Gopay

OVO dan Gopay merupakan dompet digital atau e-wallet yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kedua aplikasi tersebut juga bekerja sama dengan ojek online. Pelanggan ojek online akan mendapatkan penawar tertentu dengan menggunakan pembayaran via OVO atau Gopay.

OVO dan Gopay telah bekerja sama dengan banyak merchant. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran menggunakan kedua dompet digital tersebut. Bahkan, keduanya juga sering memberikan poin dan juga promo khusus.

Selain dapat digunakan untuk berbelanja, kedua dompet digital ini juga dapat digunakan untuk membayar tagihan bulanan. Jenis tagihan yang dapat Anda bayar menggunakan OVO dan Gopay yaitu tagihan BPJS, tagihan listrik dan air. Anda juga dapat melakukan pembelian pulsa dengan harga yang lebih murah.

Cara Daftar OVO

Bagi Anda yang belum menggunakan aplikasi OVO silahkan ikuti langkah di bawah ini untuk mulai menggunakannya.

  • Download aplikasi OVO yang tersedia secara gratis Play Store atau App Store. Jika aplikasi sudah terinstal di HP Anda lalu buka aplikasi tersebut.
  • Anda akan langsung diminta untuk memasukkan informasi pribadi. Silahkan masukkan nama, alamat email dan juga nomor HP Anda. Tunggu kode OTP yang akan dikirimkan oleh OVO kepada Anda.
  • Jika kode OTP sudah diterima maka segera masukkan kode tersebut dengan benar. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sebentar untuk proses verifikasi. 
  • Setelah melakukan verifikasi Anda akan diminta untuk memasukkan PIN sehingga transaksi akan lebih aman.
  • Jika semua sudah dipenuhi maka akun OVO Anda pun sudah aktif.

Anda dapat menggunakan OVO Anda untuk melakukan transaksi di berbagai merchant yang telah bekerja sama. Selain itu, Anda juga dapat melakukan transfer ke sesama pengguna OVO.

Anda dapat meng-upgrade menjadi OVO premier agar dapat digunakan transfer ke rekening bank. Cara mengubah OVO premier dapat Anda lakukan sendiri dengan mengunggah foto KTP atau datang ke booth OVO terdekat.

Cara Daftar Gopay

Untuk memiliki akun Gopay tidaklah sudah karena caranya hampir sama dengan cara daftar OVO. Silahkan simak cara daftar Gopay di bawah ini.

  • Silahkan masuk Play Store atau App Store untuk mengunduh aplikasi Gopay.
  • Buka aplikasi Gopay Anda yang sudah terinstal dan ikuti instruksi selanjutnya.
  • Anda diharuskan mengisi biodata seperti nama, alamat email dan juga nomor HP.
  • Akun Gopay Anda pun sudah aktif dapat sudah dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

Cara Daftar dan Top Up OVO Gopay

Akun tersebut masih belum terverifikasi, namun demikian Anda sudah dapat menggunakan beberapa fitur untuk melakukan transaksi dan pembayaran. Jika ingin menggunakan fitur lainnya maka harus melakukan verifikasi.

Proses verifikasi akun Gopay juga sangat mudah dilakukan karena Anda hanya perlu berfoto dengan KTP Anda dan mengirimkannya. Lama proses verifikasi biasanya memakan waktu 24 jam. Jika sudah terverifikasi maka Anda pun dapat menggunakan semua fitur Gopay.

Cara Top Up E-Wallet atau Dompet Digital

Setiap dompet digital memiliki cara top up yang berbeda-beda. Top up bisa dilakukan sendiri atau melalui pihak lainnya. Berikut akan kami bagikan cara mengisi OVO dan Gopay.

Top UP OVO Menggunakan ATM

Anda dapat melakukan top up OVO secara mandiri menggunakan ATM. Saldo minimal untuk melakukan top up yaitu sebesar Rp. 10.000,-. Berikut langkah-langkah top up OVO via ATM.

  • Masukkan kartu ATM lalu tekan PIN ATM Anda.
  • Anda akan melihat banyak menu pilihan. Silakan pilih “Transfer” dan lanjutkan pilih “Virtual Account”.
  • Masukkan kode virtual account sesuai dengan bank yang Anda gunakan dan ikuti dengan nomor HP yang terdaftar di OVO. 
  • Silahkan masukkan jumlah saldo yang Anda inginkan.
  • Selanjutnya tekan “Ya” untuk memproses transaksi dan saldo OVO Anda pun akan bertambah.

Top Up OVO dari Booth

Top up OVO juga dapat dilakukan dengan cara top up di booth OVO langsung. Cara ini tergolong sangat praktis karena Anda hanya perlu memberikan nomor HP yang terdaftar. Petugas akan mengirim saldo sejumlah yang Anda minta. Anda pun dapat membayarnya secara tunai.

Baca Juga : Top Up e-Wallet Tanpa Biaya Admin? Kini Bisa Pakai Flip!

Cara Top Up Gopay

Untuk mengisi Gopay juga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah cara-cara untuk mengisi saldo Gopay.

Top Up Gopay Via ATM

Cara mengisi Gopay melalui ATM kurang lebih sama dengan cara yang dilakukan OVO. Beriktu adalah langkah mengisi Gopay melalui ATM.

  • Masukkan kartu ATM dan isikan PIN ATM dengan benar.
  • Pilih menu “Transfer” lalu dilanjutkan dengan memilih “virtual account”
  • Masukkan kode yang diberikan oleh Gopay dan ikuti dengan nomor HP Anda. 
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk mengisi jumlah saldo. Saldo minimal top up yaitu Rp. 10.000,-.
  • Lanjutkan tekan “Ya” untuk menyetujui transaksi tersebut. Secara otomatis saldo pun akan bertambah.

Top Up Gopay Dari Drive Ojek Online

Anda juga dapat mengisi saldo Gopay dari driver ojek online.  Cara ini hanya bisa dilakukan ketika Anda melakukan pemesanan ojek online. Anda bisa meminta untuk top up ke sopir ojek tersebut sebelum menyelesaikan transaksi mengantar order.

Sopir ojek akan meminta nomor HP Anda yang terdaftar untuk Gopay dan mengirimkan jumlah saldo sesuai yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda pun membayarkan uang tunai ke driver tersebut. 

Top Up Gopay Di Minimarket

Gopay telah bekerja sama dengan beberapa minimarket sehingga Anda juga dapat melakukan top up di minimarket tersebut. Berikut adalah cara top up di minimarket.

  • Silahkan datang di minimarket yang menjadi kerjasama Gopay lalu sampai ke kasir bahwa Anda akan top up Gopay.
  • Kasir akan meminta nomor HP Anda yang terdaftar untuk meneruskan permintaan Anda.
  •  Anda dapat memilih jumlah saldo yang ingin Anda isikan. Pilihan saldo mulai dari 20.000, 50.000, 100. 000 hingga maksimal 500.000.
  • Kasir akan mengisikan sesuai dengan permintaan Anda. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar 2.000 rupiah.
  • Silahkan buka aplikasi Anda untuk memastikan saldo Anda sudah terisi atau belum. 
  • Jika sudah maka segera lunasi pembayaran ke kasih.

Banner-blog-1

Top Up GoPay dan OVO Di Aplikasi Flip

Tahukah Anda jika selain cara yang sudah disebutkan di atas, top up GoPay dan OVO bisa juga dilakukan melalui aplikasi Flip? Ya, sekarang Anda bisa menikmati layanan top up ke beberapa e-wallet termasuk GoPay dan OVO via Flip. Cara ini tentu lebih mudah dan hemat, karena bisa dilakukan langsung dari HP Anda juga cara ini bebas biaya admin alias gratis. Berikut langkah-langkah top up e-wallet via aplikasi Flip:

  • Download aplikasi Flip di HP Anda via Google Play Store dan App Store atau klik di sini jika sudah punya akunnya.
  • Lengkapi data diri Anda dan pastikan akun Anda sudah terverifikasi.
  • Jika sudah, pilih menu kirim uang dan klik “Tambah Rekening Baru.”
  • Di menu Tujuan Kirim Uang pilih tab e-wallet.
  • Pilih e-wallet kesayangan Anda dan masukkan nomor HP Anda yang sudah terdaftar.
  • Masukkan nominal top up, klik lanjut kemudian pilih metode pembayaran. Anda dapat memilih bank yang Anda gunakan dari list bank yang ada.
  • Transfer sejumlah nominal yang telah disertai dengan kode unik ke nomor rekening Flip, kemudian klik “Saya Sudah Transfer”.
  • Voila! Anda telah menghemat Rp1.000 untuk top up e-wallet kesayangan Anda.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang OVO dan Gopay. Aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu memudahkan Anda dalam bertransaksi atau membayar berbagai macam tagihan.

Namun demikian, keduanya mempunyai kebijakan masing-masih sehingga Anda dapat memilih yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat.

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi