Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi

Kamu berencana untuk memanfaatkan libur akhir tahun dengan berwisata ke luar negeri? Setelah usaha keras dan perjuangan panjang selama satu tahun ini, tak ada salahnya jika kamu memberi self reward dengan berlibur ke destinasi seru.

Aktivitas ini bisa membantumu refreshing dari rutinitas sekaligus mengisi ulang energi untuk menyambut tahun depan dengan lebih positif. Sekalipun menyukai pekerjaan yang dilakukan, bukan berarti kamu tidak perlu istirahat sejenak, bukan?

Nah, kalau pelesiran ke mancanegara sudah ada dalam bucket list-mu, jangan lupa untuk melakukan persiapan yang matang, ya. Paling tidak, empat tips liburan akhir tahun berikut perlu kamu lakukan untuk mendapat pengalaman wisata yang maksimal.

Tentukan Jadwal Liburan

Penentuan jadwal sangat penting terutama untuk kamu yang masih bekerja dan terikat di sebuah perusahaan. Pasalnya, jika hanya mengandalkan hari libur nasional, maka waktu yang kamu miliki untuk bepergian sangatlah terbatas.

Maka dari itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil cuti. Tentu saja, kamu juga perlu mengajukan cuti jauh-jauh hari. Pasalnya, tidak sedikit karyawan yang juga berlomba-lomba ingin melakukan libur akhir tahun sehingga perusahaan harus bijak dalam mengatur persetujuan cuti.

destinasi wisata akhir tahun

Ada banyak faktor dalam menentukan waktu liburan dan pengajuan cutimu. Salah satunya adalah biaya tiket transportasi maupun penginapan. Ingat bahwa akhir tahun merupakan high season. Jika ingin berhemat, pilih rentang waktu dengan biaya paling rendah.

Siapkan Dana

Jangan sampai keseruan saat liburan langsung lenyap tak bersisa karena kantong langsung terkuras begitu kamu kembali ke tanah air. Solusinya, kamu perlu mengatur dulu kecukupan dana baik untuk liburan maupun kebutuhan sehari-hari.

Pastikan bahwa bujet untuk liburan yang akan kamu lakukan tidak mengganggu dana untuk keperluan sehari-hari maupun rencana lainnya. Untuk meminimalkan bujet liburan pun, kamu bisa mencari tiket promo sebanyak-banyaknya, mulai dari transportasi, penginapan, hingga kesempatan kuliner dan berbagai atraksi lainnya.

Jangan lupa, siapkan dana darurat selama liburan. Seperti contoh, walau kamu tak berencana berbelanja, siapa tahu selama perjalanan kamu menemukan suvenir unik dan bahkan langka yang sayang untuk dilewatkan begitu saja atau perlu ke klinik karena kecelakaan kecil?

Tentukan Desintasi

Kebijakan tiap negara dalam menerima turis mancanegara terutama sejak pandemi berubah-ubah. Namun, sebagai referensi, berikut beberapa negara destinasi wisata akhir tahun: 

    • Singapura

Singapura bisa menjadi pilihan favorit untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Dengan banyaknya paket hemat traveling untuk tiket pesawat, penginapan, hingga tiket ke berbagai destinasi atraksi seru tentu menjadikan Singapura sebagai negara yang cocok untuk menghabiskan liburan akhir tahun.

Destinasi wisatanya pun tidak kalah serunya, mulai dari destinasi yang gratisan seperti Merlion Park, Singapore Botanic Gardens, Henderson Waves, dan Helix Bridge, hingga destinasi yang berbayar dan populer seperti Universal Studios, Art Science Museum, Singapore Zoo, dan Sentosa Island.

    • Malaysia

Selain Singapura, Malaysia juga bisa menjadi pilihan utama untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Hampir sama seperti Singapura, banyak kemudahan untuk menuju ke sana, mulai dari tiket pesawat yang murah, penginapan yang sangat terjangkau dan ramah di kantong, hingga layanan travel agent.

Banyak destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun di Malaysia, seperti Pulau Redang, Menara Kuala Lumpur, Langkawi Cable Car, Genting Highland, The Habitat Penang Hill, Pulau Dayang Bunting, dan Gunung Mulu National Park.

    • United Kingdom

Rekomendasi tempat liburan akhir tahun selanjutnya adalah United Kingdom. Pesona bangunan-bangunan bersejarahnya, keindahan alamnya, dan berbagai macam kekhasan yang dimilikinya, memiliki daya magisnya sendiri yang menarik orang ingin mengunjungi wilayah yang memiliki empat negara ini.

Destinasi wisatanya pun dijamin memuaskan dan cocok sekali untuk menghabiskan liburan akhir tahun, seperti, Palace of Westminster, Westminster Abbey, Tower of London, dan Royal Observatory Greenwich di London.

Selain di London, ada juga tempat-tempat wisata seperti Edinburgh Castle dan Holyrood Palace di Edinburgh juga cocok untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Tak ketinggalan, ada pula Roman Baths, Royal Victoria Park, dan Royal Crescent di South West England, Glasgow Botanic Gardens di Glasgow, dan Skye (Isle of Skye) di Skotlandia.

    • India

India bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Banyak destinasi wisata yang memanjakan mata ketika berkunjung ke India. Salah satu ikonnya, tentu saja, Taj Mahal di Agra yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan.

Namun, selain Taj Mahal, banyak destinasi wisata lainnya di India yang cocok untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Contohnya, Pantai Goa yang menghadap langsung ke Laut Arab, Taman Nasional Periyar dan Wildlife Sanctuary di Madurai, Mecca Masjid di Hyderabad, Mehrangarh Fort di Jodhpur, dan The Golden Temple of Amritsar.

    • Jepang

Sudah tidak diragukan lagi dengan pilihan tempat liburan akhir tahun yang satu ini. Jepang memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan, mulai dari budayanya yang khas, keindahan alamnya, hingga kedisiplinan orang-orangnya, serta selalu memberikan kenangan terbaik bagi siapapun yang merasakan atmosfernya.

Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila destinasi wisata di Jepang sangat cocok untuk mengisi liburan akhir tahun. Contohnya, Gunung Fuji, Istana Himeji, Tokyo Sky Tree, Tokyo Tower, Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneSea, Nagashima Spa Land, Huis Ten Bosch, dan masih banyak tempat lainnya.

    • Korea Selatan

Tidak kalah dengan Jepang, Korea Selatan juga memiliki ketertarikan yang luar biasa bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di akhir tahun. Negara yang dijuluki “negeri ginseng” ini banyak menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk menghabiskan liburan akhir tahun.

Budayanya yang cukup populer, tentu membuat orang-orang ingin mengunjungi tempat-tempat di Korea Selatan. Namun, tahukah kalian tempat-tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan akhir tahun?

Pulau Nami bisa jadi pilihan pertama untuk liburan akhir tahun di Korea Selatan. Pulau ini sangat indah, dan pernah dijadikan lokasi shooting film. Jadi, jangan heran kalau pulau nami cukup populer di kalangan wisatawan.

Selain itu, banyak tempat-tempat liburan akhir tahun yang tidak kalah menariknya. Contohnya, Sungai Cheonggyecheon, Gyeongbokgung, Namsan Tower, Myeongdong, Bukchon Hanok Village, Pulau Jeju, dan masih banyak lagi.

Transfer ke luar negeri dengan Flip Globe

Jaga Kesehatan 

Bagaimanapun, liburan tanpa memedulikan kesehatan adalah sebuah kesalahan fatal, khususnya di tengah situasi yang belum terlalu stabil saat ini. Pastikan kamu berada dalam kondisi yang sehat (lakukan pemeriksaan kesehatan untuk hasil lebih pasti) dan patuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh masing-masing negara tujuan.

Tak lupa, bawalah obat-obatan yang memang diperlukan. Selain itu, jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat untuk selalu berbagi kabar.

Nah, itulah empat tips liburan akhir tahun ke luar negeri yang bisa kamu lakukan untuk tetap sehat, baik fisik, mental, maupun finansial. Sebisa mungkin, lakukan persiapan sedari awal, ya, untuk meminimalkan berbagai hambatan yang tidak diinginkan.

Oh, ya, untuk berbagai keperluan pembayaran ke luar negeri, kamu bisa menggunakan Flip Globe, lho. Layanan transfer uang Flip ke luar negeri dari Flip ini menawarkan rate yang jauh lebih rendah dibandingkan beberapa layanan lainnya. Saat ini, Flip Globe pun bisa kamu gunakan untuk transaksi ke 12 negara—termasuk enam negara di atas. Dijamin lebih ramah di kantong, deh!

 

Copyright © 2021 Flip Blog
Logo_flip.png

FLIP
Free Interbank transfer for everyone

Jam Layanan

Setiap Hari:
07.00-20.00 WIB

Hubungi Flip

Layanan Pengguna:
02150928829

Bisnis & Kerja Sama:
business@flip.id

Email:
hello@flip.id

FLIP MERUPAKAN PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68 🎉
©2021 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi